Terhubung dengan Alam Baik untuk Kesehatan Mental di Tengah Pandemi

63

Muslim Obsession – Para peneliti mengatakan bahwa alam di sekitar rumah seseorang dapat membantu mengurangi beberapa efek kesehatan mental negatif dari pandemi Covid-19.

“Selama waktu yang luar biasa ini, alam di sekitar rumah mungkin memainkan peran kunci melawan hasil kesehatan mental yang merugikan,” menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Ecological Application, Kamis (19/11/2020).

Atas temuan tersebut, tim peneliti dari Universitas Tokyo di Jepang, melakukan kuesioner online terhadap lebih dari 3.000 orang dewasa.

Survei kuesioner online menghitung hubungan antara lima hasil kesehatan mental (depresi, kepuasan hidup, kebahagiaan subjektif, harga diri, dan kesepian) dan dua ukuran pengalaman alam (frekuensi penggunaan ruang hijau dan pemandangan hijau melalui jendela dari rumah).

Penggunaan ruang hijau yang lebih sering dan adanya pemandangan jendela hijau dari rumah dikaitkan dengan peningkatan tingkat harga diri, kepuasan hidup, dan kebahagiaan subjektif, serta penurunan tingkat depresi dan kesepian.

“Hasil kami menunjukkan bahwa alam di sekitar dapat berfungsi sebagai penyangga dalam mengurangi dampak buruk dari peristiwa yang sangat menegangkan pada manusia,” ungkap pemimpin penulis studi Masashi Soga dari The University of Tokyo.

“Melindungi lingkungan alam di perkotaan penting tidak hanya untuk konservasi keanekaragaman hayati, tetapi juga untuk perlindungan kesehatan manusia,” tambah Soga.

Dengan meningkatnya prevalensi gangguan kesehatan mental baru-baru ini, dan kemungkinan dampak negatif pandemi Covid-19 terhadap kesehatan mental masyarakat, temuan menunjukkan bahwa alam perkotaan memiliki potensi besar untuk digunakan sebagai solusi berbasis alam untuk perbaikan. kesehatan masyarakat.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here