Terbukti Secara Ilmiah, Ini 10 Manfaat Wudhu untuk Kesehatan

1162
Wudhu

Muslim Obsession – Islam adalah satu-satunya agama yang mengajarkan nilai-nilai kebersihan. Bersih yang juga berarti suci akan memperkuat jiwa, yang pada akhirnya membawa kita lebih dekat kepada Sang Pencipta, Allah subhanahu wa ta’ala.

Salah satu ajaran memelihara kebersihan dalam Islam adalah anjuran berwudhu. Berwudhu dilakukan setiap hendak shalat wajib maupun sunnah. Bahkan berwudhu juga dianjurkan ketika kita hendak tidur.

Tindakan khusus mencuci bagian tubuh tertentu termasuk tangan, mulut, lengan, lubang hidung, kaki, dan wajah ini tidak disadari menjadi hal yang luar biasa bagi para ilmuwan di seluruh dunia.

Banyak Muslim pun mungkin tidak menyadari bahwa wudhu adalah perlindungan medis yang mereka terapkan pada tubuh mereka.

Berikut sejumlah manfaat berwudhu seperti dilansir quranreading, dikutip Kamis (5/3/2020).

– Wudhu dibuktikan oleh penelitian para ilmuwan bisa menghilangkan kelompok bakteri dari tubuh.

– Wudhu mengontrol tekanan darah dan menjaga sistem peredaran darah kita.

– Wudhu dapat menyegarkan tubuh. Nabi Muhammad telah menyarankan untuk berwudhu sebelum tidur. Cuci tangan, lengan, mulut, kaki, alat kelamin, dan mata sebelum tidur dengan air dingin agar bisa tidur nyenyak. Yang mana hal ini juga disarankan oleh para ahli Yoga.

– Mencuci hidung dalam wudhu dapat mencegah penyakit mikroba. Hal ini juga bisa mencegah debu dan kuman terperangkap di tubuh.

– Wudhu merangsang ritme biologis tubuh. Yang mana manfaatnya mirip dengan ide di balik terapi Reflexo Cina.

– Mencuci tangan dalam wudhu bisa membersihkan semua kuman yang ada di tangan. Hal ini juga dapat mencegah penyebaran virus.

– Selama wudhu, Muslim membilas mulut mereka untuk menghilangkan partikel makanan dan bakteri dari mulut.

– Mencuci wajah secara teratur seperti yang dipraktikkan dalam wudhu dapat menguatkan kulit dan mengurangi perasaan berat dan kelelahan di kepala. Dengan melakukan wudhu kita dapat melindungi kulit dari bakteri dan beberapa penyakit kulit. Tahukah Anda? Jika kedua alis mata seseorang sering dibasuh air maka seseorang itu dapat dilindungi dari penyakit berbahaya seperti kebutaan.

– Mencuci tangan juga mengurangi infeksi pernapasan dengan menghilangkan infeksi yang ditemukan di tangan.

– Mencuci lengan membantu sirkulasi darah. Aktivitas mencuci tangan selama Wudhu meningkatkan sirkulasi darah membuat orang tersebut merasa tidak tertekan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here