Terbesar di Eropa, 60 Pasangan Muslim Bosnia Nikah Masal

782
Imam Bosnia menunggu upacara pernikahan syariat Islam masal untuk enam puluh pasangan di Sarajevo, Bosnia dan Herzegovina 19 Juli 2018. (Foto: Reuters / Dado Ruvic)

Sarajevo, Muslim Obsession Enam puluh pasangan Muslim Bosnia mengadakan upacara pernikahan di ibu kota Sarajevo, Kamis (19/7/2018) waktu setempat. Panitia penyelenggara mengatakan acara tersebut adalah salah satu pernikahan masal Islam terbesar di Eropa.

“Pernikahan adalah hari istimewa bagi semua orang. Tetapi menikah bersama dengan begitu banyak pasangan, akan menjadi sesuatu yang akan kita kenang seumur hidup,” kata Almin Cutuk, salah satu peserta yang berusia 31 tahun, dilansir Reuters, Jumat (20/7/2018).

Salah satu badan amal turut membantu mengatur acara tersebut, dengan menyediakan pakaian khusus untuk calon pengantin pria dan gaun ungu serta hijab putih untuk pengantin wanita.

Puluhan pasangan itu disuguhi pesta dan diberi hadiah uang tunai sebesar 500 marka Bosnia atau sekitar $300. Imam Resul Alic, salah satu Imam penyelenggara mengatakan tujuan acara tersebut ialah untuk mendorong orang-orang Bosnia memulai keluarga, pada saat banyak pemuda merasa terlalu mahal untuk merayakan pernikahan mereka sendiri.

Dalam kondisi ekonomi yang masih tertatih sejak perang 1992-1995 dan pengangguran dalam angka dua digit. Sedangkan, angka pernikahan dan kelahiran terus menurun di negara Balkan. Di mana mereka memiliki populasi lebih dari 3,5 juta, dan setengah dari mereka ialah Muslim.

Dari puncak hampir 24.000 perkawinan yang terdaftar pada tahun 2007, jumlah tersebut menurun drastis ke angka 14.870 di tahun 2017. (Vina)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here