Terawan: Bahan Baku Vaksin Nusantara Mayoritas dari Dalam Negeri

124
Menteri Kesehatan (Menkes), Terawan Agus Putranto

Jakarta, Muslim Obsession – Mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyebut bahan baku pembuatan vaksin nusantara mayoritas berasal dari dalam negeri. Dari daftar 27 bahan yang dipakai dalam pembuatan vaksin nusantara, tercatat hanya dua bahan saja yang didatangkan dari Amerika Serikat.

Artinya, 90 persen bahan diproduksi di Indonesia. “Hampir 90 persen lebih bahan produksinya sudah ada di Indonesia. Bahkan dibuat di Indonesia. Kita bisa melihat semua bahan ada di indonesia,” ujar Terawan dalam rapat dengar pendapat di DPR belum lama ini.

Dua bahan yang harus didatangkan dari Amerika Serikat, yakni larutan antigen protein dan dan media diferensiasi. Sebab belum bisa dibuat di Indonesia.

“Ada beberapa memang dibuat di Amerika, seperti larutan antigen proteinnya kami harus impor dulu kemudian dan media diferensiasi. Dua hal inilah yang kami masih datangkan (dari Amerika Serikat) karena memang kita belum sampai R&D untuk membuat itu,” terang dia.

Namun, hal tersebut tidak berarti Indonesia tidak mampu dalam kapasitas SDM. Yang menjadi kendala terkait paten. Karena itu untuk bisa membuatnya, perlu komunikasi dengan produsen bahan-bahan tersebut.

“Di kemudian hari kita bisa buat sendiri. Karena itu sangat simple. Baik dalam pembuatan antigen kerena itu rekombinan, bisa lakukan di sini. Namun karena paten sudah mereka miliki, kita harus bekerja sama. Termasuk media diferensiasinya,” tandasnya.  (Albar)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here