Tenang, Pakai Masker Tidak Akan Ganggu Pernafasan

50
Masker (Foto: Bloomberg)

Muslim Obsession – Memakai masker wajah mungkin membuat orang tidak nyaman. Tapi tenang, masker wajah tidak membatasi aliran oksigen ke paru-paru, bahkan pada orang dengan penyakit paru-paru yang parah.

Peneliti telah menguji efek memakai masker bedah pada pertukaran gas – proses di mana tubuh menambahkan oksigen ke darah sambil mengeluarkan karbon dioksida – pada 15 dokter sehat dan 15 veteran militer dengan paru-paru yang rusak parah melalui jalan kaki enam menit yang berjalan cepat permukaan yang datar dan keras.

Kadar oksigen dan karbon dioksida dalam darah diukur sebelum dan sesudah tes jalan kaki. Baik dokter yang sehat maupun pasien dengan penyakit paru-paru tidak menunjukkan perubahan besar dalam pengukuran pertukaran gas setelah tes berjalan atau hingga 30 menit kemudian.

Dikutip Daily Sabah, Senin (12/10/2020) para peneliti melaporkan dalam jurnal Thorax, ketidaknyamanan masker kemungkinan bukan karena rebreathing karbon dioksida dan penurunan kadar oksigen.

Sebaliknya, masker dapat menyebabkan ketidaknyamanan dengan mengiritasi saraf wajah yang sensitif, menghangatkan udara yang dihirup, atau memicu perasaan klaustrofobia.

“Ketidaknyamanan seperti itu tidak boleh menimbulkan masalah keselamatan,” kata para peneliti, karena hal itu dapat berkontribusi pada pengurangan praktik yang terbukti meningkatkan kesehatan masyarakat.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here