Temui Quraish Shihab, Jokowi Bahas Islam Moderat

518

Jakarta, Muslim Obsession – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan dengan pakar iImu tafsir Quraish Shihab di Pondok Pesantren Bayt Al-Quran, Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Banten, Jumat (25/1/2019).

Presiden Jokowi mengatakan bahwa banyak hal yang diperbincangkan keduanya, terutama soal bahasan mengenai Islam Wasathiyah atau Islam moderat.

“Alhamdulillah saya bisa berkunjung dengan Pak Quraish Shihab di Pusat Studi Al-Quran di Tangsel ini Banyak yang kita perbincangkan. Tapi pada intinya tadi mengenai moderasi Islam. Islam yang moderat. Wasathiyah Islam. Itu yang tadi kira-kira kita perbincangkan,” kata Jokowi.

Pertemuan berlangsung tertutup. Jokowi mengaku banyak mendapat wejangan spiritual dari Quraish Shihab mengenai ajaran Islam yang moderat.

“Banyak sekali. Sudah ditulis semuanya. Beliau menyampaikan apa-apa yang harus negara lakukan dalam rangka tadi yang saya sampaikan,” ujar Jokowi.

Di kesempatan ini, Quraish Shihab menekankan Pusat Studi Al-Quran di Ponpes menitikberatkan pada Islam yang moderat. Quraish Shihab mengatakan, Jokowi menyambut baik masukan yang diberikan.

“Alhamdulillah itu disambut dengan sejuk dan dengan penuh perhatian. Dunia saat ini membutuhkan moderasi. Bukan membutuhkan kekerasan,” ujar Quraish Shihab.

Presiden Jokowi yang mengenakan kemeja putih lengan panjang dengan peci hitam tersemat di kepala sempat memayungi Quraish Shihab. Sementara, Iriana mengenakan baju putih dengan kerudung berwarna senada.

Anggota keluarga Quraish yang hadir di silaturahim itu, yakni salah seorang putrinya, Najeela Shihab beserta sang suaminya, Fikri Assegaf. Besan Quraish, Sakinah dan Ali Ibrahim Assegaf juga hadir dalam silaturahim tersebut. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here