Telinga Sakit Saat Naik Pesawat? Coba Pakai Trik Ini!

505
Sakit telinga saat di pesawat (Foto: Ilustrasi/ 1Health.ID)

Muslim Obsession – Telinga terasa sakit dan pengang saat naik pesawat ternyata itu adalah kondisi normal. Dalam dunia medis, keadaan seperti itu disebut barotrauma, barotitis media atau aerotitis.

Barotrauma telinga umum terjadi saat melakukan perjalanan dengan pesawat, akibat perubahan ketinggian pesawat yang sangat cepat. Hal serupa bisa terjadi saat kita menyelam di bawah air. Semakin dalam menyelam, tekanan udara akan semakin tinggi sehingga membuat telinga terasa tidak nyaman.

Efek tersebut juga bisa dirasakan ketika kita mendaki bukit, berkendara di gunung, berada di dekat lokasi ledakan, atau berada di dalam ruang oksigen hiperbarik.

Nah, lalu bagaimana untuk mencegah telinga sakit dan pengang ketika Anda berada dalam kondisi tersebut? Simak ya, trik sederhana berikut ini!

  1. Coba menguap. Karena aktivitas menguap ini akan membuka tuba eustachius, sehingga gejala barotrauma dapat berkurang.
  2. Mengunyah permen karet, keripik, atau permen keras saat pesawat mulai mendarat agar udara mengalir ke tuba eustachius. Gerakan mengunyah dan menelan akan membantu telinga mengatur keseimbangan tekanan udara. Untuk bayi, beri air minum atau susu saat pesawat mau mendarat agar mereka terdorong untuk menelan.
  3. Usahakan tidak tidur saat pesawat akan mendarat, untuk memastikan udara masuk ke telinga bagian tengah.
  4. Lakukan manuver vasalva. Tarik napas lalu keluarkan udara perlahan dengan menutup mulut dan hidung. Ulangi gerakan ini setiap beberapa menit hingga pesawat mendarat sepenuhnya.
  5. Tutup mulut dan cubit cuping hidung Anda dengan jari telunjuk dan ibu jari. Kemudian, denguskan udara kuat-kuat lewat hidung. Trik ini membantu membuka tuba Eustachius yang tersumbat, sehingga tekanan udara dalam telinga kembali stabil. Lakukan berkali-kali sampai Anda merasa baikan. Namun, jangan lakukan ini jika Anda sedang pilek atau flu, karena hanya akan mendorong kuman masuk menuju telinga dalam.
  6. Jika cara di atas tidak berhasil, coba tutup mulut dan cubit hidung Anda kemudian telan ludah beberapa kali sampai telinga terasa membaik.
  7. Semprotkan spray dekongestan ke dalam hidung kira-kira 30 menit sebelum penerbangan lepas landas, atau minum obat dekongestan 1 jam sebelum penerbangan. Tapi, jangan gunakan cara ini jika Anda punya penyakit jantung atau hipertensi.

Bagaimana? Mudah bukan? Tujuh trik ini bisa dicoba agar perjalanan udara Anda terasa lebih nyaman.

(Vina – Berbagai sumber)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here