Tangis Haru Iringi Keberangkatan Calon Santri Pondok Modern Gontor

767
241 calon santri Pondok Modern Gontor berangkat pada Rabu (17/6/2020) malam.

Bogor, Muslim Obsession – Tangis haru mengiringi keberangkatan 8 bus yang mengangkut calon santri Pondok Modern Darussalam Gontor dari GOR Pajajaran Bogor, Rabu (17/6/2020) malam.

Sambil melambaikan tangan, isak tangis ibu-ibu makin santer terdengar melepas putra-putrinya. Bahkan beberapa di antaranya ada yang harus ditenangkan suami-suami mereka.

Tak ketinggalan, beberapa bapak lainnya dan para remaja sibuk mengabadikan momentum mengharukan tersebut. Handphone pun langsung berfungsi menjadi alat perekam gambar maupun video.

“Kami sudah ikhlaskan. Hanya kepada Allah kami berharap agar menuntun dan mendampingi putri-putri kami. Semoga semua calon santri yang berangkat malam ini lulus ujian dan diterima di Gontor Putri,” harap Ning, ibu dari dua anak kembar yang turut dalam rombongan tersebut.

Pemberangkatan 8 bus tersebut merupakan kloter kedua yang mengangkut sekitar 241 calon santri. Wajar tangis ibu-ibu pecah karena putra-putri mereka harus berjuang melalui serangkaian ujian lisan dan tulis tanpa didampingi orangtua.

Sehari sebelumnya IKPM Bogor memberangkatkan santri-santri Kelas 5 KMI, Guru Pengabdian Baru, dan Mahasiswa/Mahasiswi Baru Unida. Sementara kloter pemberangkatan berikutnya akan dilakukan pada Ahad (21/6) yang diikuti santri-santri Kelas 1 – 4 KMI dan Mahasiswa/Mahasiswi Lama Unida.

Dalam agendanya, Pondok Modern Gontor akan melangsungkan kegiatan ujian secara serentak bagi calon santri putra dan putri pada 18-23 Juni.

Hari ini, Kamis (18/6), ujian lisan akan digelar hingga Senin (22/6). Sementara ujian tertulis serentak digelar sehari setelahnya.

Pada ujian lisan (syafahi), calon santri harus melewati phsyco-test, membaca Al-Quran, dan Praktik Ibadah (ibadah qouliyah dan ibadah amaliyah). Sementara pada ujian tulis (tahriri) para santri diuji kemampuan Imla’ (dikte tulisan Arab), berhitung soal dan angka (matematika), dan Bahasa Indonesia.

Untuk tahun ini belum diketahui berapa total pendaftar di Pondok Modern Darussalam Gontor. Hanya saja pada umumnya jumlah calon santri selalu meningkat dari tahun ke tahun.

Sebagai gambaran, tahun sebelumnya PMDG menerima sekitar 7.605 pendaftar untuk tingkat SMP (tsanawiyah) maupun SMA (aliyah), baik dari pondok putra maupun pondok putri yang ada di dalam Jawa maupun luar Jawa. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here