Tangani Covid-19, Menlu: Indonesia Bantu Rp32,1 Miliar untuk Rakyat Palestina

47
Menlu Retno Marsudi.

Jakarta, Muslim Obsession – Indonesia menjadi salah satu negara yang punya komitmen tinggi mendukung kemerdekaan Palestina. Segala upaya telah dilakukan agar rakyat Palestina merdeka dari penjajahan zionis Israel, dari upaya diplomasi, menolak normalisasi hubungan dengan Israel, pendirian rumah sakit sampai bantuan kemanusian terus diberikan.

Menteri Luar Negeri Retno Marsud mengatakan, pemerintah Indonesia akan memberikan bantuan sebesar US$ 2,3 juta atau Rp 32,1 miliar kepada Palestina. Hal ini ia sampaikan saat bertemu dengan Menteri Luar Negeri Palestina Riyad Al Maliki di Amman, Yordania.

Retno menjelaskan bantuan ini sebagai salah satu bentuk dukungan Indonesia atas Palestina. Retno mengatakan, Indonesia tidak henti-hentinya mendukung Palestina.

“Indonesia berkomitmen untuk memberikan US$ 2,3 juta untuk Palestina melalui berbagai mekanisme secara bilateral maupun melalui UNWRA (The United Nations Relief and Works Agency for Palestine Refugees in the Near East) dan The International Committee of the Red Cross (ICRC),” katanya dalam konferensi pers di Yordania, Rabu (10/2/2021).

Retno berharap dana bantuan ini bisa dipakai untuk penanggulangan Covid-19 di Palestina dan bisa dicairkan di semester pertama tahun ini.

Dalam pertemuan itu, Retno menuturkan kembali bahwa sikap Indonesia tetap teguh mendukung kemerdekaan Palestina. “Posisi ini juga disebutkan Presiden Widodo dalam percakapan teleponnya dengan Presiden Abbas pada Desember 2020,” tuturnya.

Menurut Retno, semua pihak harus bekerja lebih keras untuk membuat 2021, tahun yang baik bagi perdamaian antara Palestina dan Israel. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here