Tampak Sehat Tapi Bisa Menularkan Corona, Simak Penjelasannya

233

Jakarta, Muslim Obsession – Pemerintah sudah menyampaikan mereka yang positif corona bukan hanya memiliki gejala sakit seperti demam, bantuk, dam sesak nafas. Namun banyak juga mereka yang positif corona tampak sehat, tanpa menunjukan gejala sakit. Baik kedua-duanya sama-sama bisa menular. Bagaimana penjelasannya?

Direktur RS PKU Muhammadiyah Sruweng, Kebumen, dr. Hasan Bayuni mengungkapkan bahwa Covid-19 memiliki sifat self limiting disease, yaitu ketika seseorang memiliki imunitas yang baik dan usia yang masih muda, ketika telah tertular virus potensi untuk sembuh besar. Hal ini dikarenakan virus akan melemah dengan sendirinya jika imunitas kita baik.

“Bisa jadi seseorang yang merasa baik baik saja, atau dengan sedikit demam, batuk dan pilek telah terpapar corona (covid-19)” ujar Hasan dalam pesan pendeknya, Kamis (26/3/2020).

Dirinya melanjutkan jika seseorang tersebut makan makanan yang bergizi, konsumsi buah/vitamin, istirahat cukup besar kemungkinan seseorang tersebut akan tetap sehat. Virus akan melemah dengan sendirinya. Namun bukan berarti orang tersebut tidak menularkan virus atau penyakit kepada yang lain.

“Disinilah berbahayanya, jika seseorang dengan covid-19 yang merasa baik baik saja, kemudian tidak menerapkan social distancing, tidak rajin cuci tangan, tidak memakai masker saat batuk dan bertemu dengan seseorang dengan usia lanjut, memiliki penyakit jantung, diabetes, dan penyakit paru kronis, dimana dalam penelitian, merekalah yang memiliki risiko kematian tertinggi akibat corona. maka angka kematian akibat corona potensial akan terus bertambah” ungkap pemuda yang aktif di Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Jawa Tengah.

Dirinya mengajak masyarakat untuk saling menjaga diri “mari lindungi orang yang memiliki risiko kematian tertinggi akbiat corona. Jaga jarak dengan mereka, berikan masker dan suplai makanan bergizi dan vitamin,” tandasnya. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here