Taman Tebing Breksi, Keindahannya Tak Kalah dari Grand Canyon di AS

90
Senja di Taman Tebing Breksi. (Foto: jarwadi)

Sleman, Muslim Obsession – Selain dikenal sebagai tempatnya para pelajar, ternyata Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) juga memiliki banyak destinasi wisata.

Salah satu di antaranya adalah Taman Tebing Breksi yang terletak di Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman. Lokasinya berada di sebelah kidul Candi Prambanan dan berdekatan dengan Candi Ijo serta Kompleks Keraton Boko.

Destinasi yang juga diidolai masyarakat Klaten, Mojokerto, dan sekitarnya ini tak kalah indah dengan Danau Quarry di Bogor dan Brown Canyon di Semarang. Bahkan keindahan Taman Tebing Breksi seringkali dibandingkan dengan Bastei Rocks di Jerman atau Grand Canyon di Amerika Serikat.

Para wisatawan punya banyak alasan berkunjung ke tempat ini. Namun satu hal yang ‘wajib’ dilakukan di Taman Tebing Breksi adalah berfoto dengan latar tebing.

So, tak heran jika tebing ini menjadi salah satu tempat favorit untuk berfoto, terutama bagi para pasangan yang sedang melakukan sesi pre wedding dan momen sepesial lainnya.

Kegiatan istimewa lainnya saat berada di sini adalah para wisatawan dapat melihat keseluruhan kota Yogya dari atas tebing. Bahkan aktivitas masyarakat pun dapat terlihat dari atas tebing, seperti pesawat yang lepas landas, kendaraan yang hilir mudik dan lain sebagainya.

 

Bekas Lokasi Penambangan

Taman Tebing Breksi sebelumnya adalah tempat penambangan batuan alam. Kegiatan penambangan ini dilakukan oleh masyarakat sekitar.

Di sekitar lokasi penambangan terdapat tempat-tempat pemotongan batuan hasil penambangan untuk dijadikan bahan dekorasi bangunan.

Sejak 2014 kegiatan penambangan di tempat ini ditutup oleh pemerintah. Penutupan ini berdasarkan hasil kajian yang menyatakan batuan yang ada di lokasi penambangan ini merupakan batuan yang berasal dari aktivitas vulkanis Gunung Api Purba Nglanggeran.

Kemudian lokasi penambangan ditetapkan sebagai tempat yang dilindungi dan tidak diperkenankan untuk kegiatan penambangan.

Setelah penutupan aktivitas tambang tersebut, masyarakat mendekorasi lokasi bekas pertambangan ini menjadi tempat wisata yang layak untuk dikunjungi.

Tepatnya pada Mei 2015 Tebing Breksi ini diresmikan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X sebagai tempat wisata baru. (arh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here