Tak Seperti Hagia Sophia, Masjid-Masjid ini Jadi Gereja hingga Klub Malam

692
Hagia Sophia. (Foto: newsky)

Muslim Obsession – Kolumnis middleeastmonitor, Yvonne Ridley, mengeritik para pemimpin agama dan politik di duna Barat yang marah kepada Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Mereka tak mau introspeksi untuk memperbaiki kesalahan sejarah masa lalunya yang memperlakukan umat Islam dengan lebih brutal.

Menurutnya, kemarahan atas perubahan fungsi Hagia Sophia dari museum menjadi masjid lebih banyak karena dorongan politik daripada rasa religiusitas. Itu setelah melihat sejarah banyak tempat ibadah di masa lalu yang kini sudah berubah fungsi.

Ridley mencontohkan Yunani yang telah menghancurkan masjid-masjid peninggalan era Khalifah Utsmaniyah dan monumen-monumen keagamaan di negaranya setelah deklarasi kemerdekaan Yunani pada tahun 1821.

Baca juga:

Ditolak Dunia Internasional, Turki Keukeuh Kembalikan Museum Hagia Jadi Masjid

Diputuskan Jadi Masjid, Jumatan di Hagia Sophia Kembali Digelar 24 Juli

Hagia Sophia dan Masa Depan Dunia Islam

”Bangunan-bangunan bersejarah zaman Utsmaniyah telah diubah menjadi penjara militer, bioskop, kantor, hostel dan gudang. Banyak juga masjid ditutup untuk beribadah dan diubah menjadi gereja,” katanya.

Di ibu kota Yunani, Athena, sejumlah masjid diubah jadi museum dan galeri. Contohnya Masjid Fethiye yang dibangun oleh Sultan Mehmet II pada tahun 1458, sekarang jadi ruang pameran. Sementara Masjid Tzisdaraki ditutup kini jadi museum keramik.

Masjid Hamza Bey dan Masjid Alaca di Thessaloniki berubah menjadi museum. Sementara  Masjid Yeni dibangun tahun 1904 dimanfaatkan sebagai ruang pameran kota. Monumen Menara Putih yang menjadi simbol kota sekarang, diklaim sebagai karya Bizantium bukan Turki.

Di kota lainnya seperti Masjid Aslan Pasha di Kota Ioannina, Masjid Veli Pasha di Rethymno, dan Masjid Zincirli di Serres semuanya berubah jadi museum.

Di negara-negara Eropa lainnya, kasus alih fungsi masjid banyak ditemukan. Bahkan banyak di antaranya masjid diubah menjadi gereja. Ini bukti betapa Dunia Barat tak adil memperlakukan Turki karena kasus Hagia Sophia.

Berikut sejumlah bangunan masjid yang kini menjadi geraja:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here