Tak Hanya Kekayaan Alam, Banyuwangi Menyimpan Al-Quran Kuno

147
Al-Quran Kuno (Foto: Liputan6)

Banyuwangi, Muslim Obsession – Selain kekayaan Alam dan Budaya, Banyuwangi menyimpan kekayaan khazanah naskah, seperti halnya Al-Quran kuno.

Sebagaimana yang dipamerkan oleh Komunitas Pegon di SMP Unggulan Al-Anwari, Kertosari, Banyuwangi, ada lima Al-Quran kuno dan sejumlah naskah-naskah keislaman lainnya yang dipajang.

Kebanyakan naskah yang dipamerkan berusia lebih dari seabad. Hal ini terlihat dari jenis kertasnya yang terbuat dari kertas dluwang dan kertas Eropa. Bentuk kertasnya juga telah tua dan rapuh.

“Dari jenis kertasnya bisa diketahui usianya. Seperti dari watermark kertasnya. Dari sana bisa diketahui usianya. Setidaknya lebih dari satu abad,” terang Founder Komunitas Pegon, Ayung Notonegoro, Jumat,(24/5/2019).

Ayung menambahkan jika penulis Al-Quran di Banyuwangi adalah Mas Ahmad bin Mas Mangun Sastra Banyuwangi, yang mana dari namanya terlihat jika beliau orang lokal.

Salah satu yang memiliki identitas lengkap adalah mushaf yang didapat dari koleksi almarhum KH. Saleh Syamsudin Lateng (w. 1951). Dalam naskah tersebut terdapat kolofon yang menyebutkan selesai ditulis pada Jumadil Akhir 1282 H atau sekitar 1860 M.

Lebih jauh Ayung membandingkannya dengan Quran kuno Banyuwangi yang kini disimpan di Perpustakaan Nasional Malaysia. Penulisnya adalah Mas Khalifah Ibnu al-Habib al-Masfuh Banyuwangi yang dari namanya terlihat keturunan Arab. Ditulis pada 6 Jumadits Tsani 1221 H atau sekitar 1806 M.

“Pada awal abad 19, penulis Quran di Banyuwangi masih dari keturunan Arab. Baru 60 tahun kemudian ada penulis Quran lokal,” ungkapnya.

Sesuai dengan perkembangan Islam di Banyuwangi. Dalam catatan Y.W. De Stoppelaar, Blambangansch Adatrech (1926), agama Islam menjadi mayoritas di Banyuwangi baru pada 1840 ke atas, Sehingga seiring mayoritasnya umat Islam di Banyuwangi, pendidikan Islam pun meningkat dan melahirkan para penulis Quran dari Banyuwangi.

Selain itu tak hanya pameran Quran kuno semata, namun dilakukan juga pentashihan (koreksi) Al-Quran kuno oleh para hafidz (penghafal quran) yang mengajar di SMP Unggulan Al-Anwari. Hal ini untuk memastikan akurasi Quran kuno yang ditulis tangan tersebut.

“Kita bandingkan dengan Quran yang telah ditashih oleh Lajnah Pentashih Mushaf Quran (LPMQ) Kementerian Agama Republik Indonesia,” ujar salah satu tim pentashih, Ustadz Afifi.

Sebagaimana diketahui, LPMQ baru terbentuk pada 1957. Baru setelah itu, Quran di Indonesia mengalami standarisasi. “Dari pembacaan kita, memang ada sejumlah kekeliruan,” terang Afifi.

Pada surat Al-Baqarah, misalnya, ada sejumlah kesalahan. Seperti pada ayat ke-143  yang seharusnya ditulis “al-rasulu”, malah tertulis “rasula”. Pada ayat ke-153 juga demikian. Seharusnya tertulis “ash-shafa” dengan huruf “shalat”. Bukan “as-safa” dengan “sin” sebagaimana yang tertera di mushaf karya Mas Ahmad bin Mas Mangun Sastra Banyuwangi.

Kesalahan demikian, imbuh anggota tim yang lain Ustadz Irfan, bisa jadi karena keterbatasan penulis dalam penguasaan gramatika bahasa Arab, seperti halnya ilmu nahwu dan sharaf. Sehingga silap terhadap detail Quran.

“Namun, kesalahan-kesalahan kecil demikian relatif wajar. Karena ditulis tangan. Jadi, bisa dimaklumi,” imbuh Irfan.

Pentashihan Quran kuno tersebut, direncanakan hingga tuntas. Sehingga bisa diukur sejauh mana tingkat keakurasiannya. Ayung menegaskan Bukan bermaksud mengkoreksi kesalahan para ulama terdahulu, tapi untuk mempelajari perkembangan penulisan Quran itu sendiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here