Tak Diketahui Banyak Orang, Ini Manfaat Sarapan

129
Sarapan Pagi (Foto: Istimewa)

Muslim Obsession – Selain memberikan kita dorongan energi untuk beraktivitas seharian, sarapan juga merupakan sumber makanan yang baik untuk memupuk sejumlah nutrisi penting, seperti kalsium, zat besi, dan vitamin B, serta protein dan serat.

Menciptakan kebiasaan makan di pagi hari adalah suatu rutinitas yang bisa Anda bangun perlahan. Mulai dari porsi ringan lebih dulu, dan kemudian setelah beberapa saat nafsu makan pagi hari Anda meningkat secara alami. Akibatnya, mungkin Anda akan mulai memperhatikan bahwa porsi makan siang Anda jadi lebih sedikit dari biasanya, termasuk juga jam ngemil di kantor.

Membiasakan sarapan, terutama karbohidrat dan protein, dapat mengoptimalkan fokus dan kinerja Anda di sekolah maupun tempat kerja. Selain itu, ada beberapa alasan yang tak kalah penting untuk selalu menyempatkan sarapan di pagi hari. Apa saja ya?

Menjaga Berat Badan

Tahukah Anda bahwa sarapan pagi justru dapat menjaga berat badan Anda tetap normal? Hal ini karena saat sarapan, Anda juga menurunkan kadar ‘lapar’ dalam diri Anda di siang hari. Kondisi ini dapat mencegah Anda ngemil atau mengonsumsi camilan manis di siang dan sore hari.

Para peneliti di Cornell University beberapa tahun sebelumnya melaporkan, mereka yang selalu sarapan tidak makan berlebihan saat makan siang atau makan malam. Dalam studi ini, bahkan mereka menghemat rata-rata 408 kalori per hari.

Jantung yang Sehat

Ternyata, sarapan yang sehat juga berkontribusi baik pada kesehatan jantung. Sebuah studi menunjukkan hubungan antara sarapan dan kesehatan jantung.

Pada 2017, Journal of American College of Cardiology melaporkan bahwa orang yang melewatkan sarapan lebih cenderung mengalami aterosklerosis. Itu adalah sebuah kondisi di mana arteri Anda menyempit dan mengeras karena penumpukan plak. Bahayanya, ini dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke.

Selain itu, orang-orang yang melewatkan sarapan juga lebih cenderung memiliki lingkar pinggang yang lebih besar, lebih berat, dan memiliki tekanan darah dan kadar kolesterol yang lebih tinggi.

Kadar Gula Darah yang Terkontrol

Salah satu fungsi sarapan kepada kesehatan adalah kadar gula darah yang terkontrol ketika Anda sarapan. Untuk orang dengan hasil tes glukosa normal, ini dapat membantu Anda menghindari resistensi insulin yang dapat menyebabkan diabetes. Plus, lonjakan gula darah akibat tidak sarapan juga dapat memengaruhi suasana hati, membuat Anda lebih gugup dan memiliki mood yang buruk.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here