Tak Cuma Hilangkan Haus, Berikut ini Manfaat Semangka yang Jarang Diketahui

225
Semangka: manis, segar, dan banyak manfaatnya.

Muslim Obsession – Di beberapa daerah, musim kemarau sudah mulai datang. Sinar matahari yang lebih terik dari biasanya, membuat orang mudah haus dan bisa menyebabkan seseorang mudah dehidrasi karena kekurangan cairan.

Ketika cuaca panas, kita pasti membutuhkan makanan atau minuman yang menyegarkan. Salah satu pilihan tepat adalah memakan semangka. Kandungan air sangat tinggi yang dimilikinya bisa membuat badan segar.

Karena kandungan air yang sangat tinggi inilah semangka bisa membuat seseorang terhindar dari dehidrasi. Airnya yang manis terasa lebih nikmat dibandingkan air mineral biasa.

Ternyata tak hanya segar, semangka juga memiliki segudang manfaat lainnya bagi kesehatan tubuh. Beberapa di antaranya jarang diketahui banyak orang. Apa saja manfaatnya?

Mencukupi kebutuhan gizi harian

Diketahui sebagai buah yang rendah kalori, semangka memiliki banyak manfaat untuk memenuhi kebutuhan gizi bagi tubuh karena buah berdaging merah ini diperkaya oleh berbagai nutrisi penting.

Beberapa di antaranya adalah Vitamin C sebanyak 21% dari kebutuhan tubuh, Vitamin A sebanyak 18% dari kebutuhan tubuh, Kalium sebanyak 5% dari kebutuhan tubuh, Magnesium sebanyak 4% dari kebutuhan tubuh, Vitamin B1, B5 dan B6 sebanyak 3% dari kebutuhan tubuh.

Selain itu, buah semangka juga tinggi antioksidan penting seperti beta-karoten dan likopen, serta citrulline dan asam amino yang sama pentingnya untuk kesehatan tubuh.

Menyehatkan Jantung

Semangka mengandung likopen adalah antioksidan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Menurut Universitas Purdue, buah semangka mengandung lycopene tinggi yang efektif melindungi sel jantung dari kerusakan dan menurukan risiko penyakit jantung.

Buah ini juga mengandung citruline dan arginine yang sama baiknya untuk kesehatan jantung. Hasil penelitian menunjukkan, arginine mampu menjaga sirkulasi darah yang dipompa oleh jantung. Arginine pun dapat membantu mengurangi lemak berlebih yang bisa menimbulkan kolesterol hingga serangan jantung mendadak.

Mengatasi dan Mencegah Impoten

Dilansir Dokter Sehat, semangka juga berguna sebagai obat kuat alami untuk pria. Ini karena makan semangka dapat memberikan efek yang sama seperti viagra, bisa mengobati impoten, dan mencegah impoten, demikian penuturan Dr. Bhimu Patil, direktur Texas A&M’s Fruit and Vegetable Improvement Center di College Station yang dilansir sciencedaily.

Kelebihan dari semangka adalah tidak menimbulkan efek samping seperti yang sering terjadi jika seseorang mengonsumsi obat kuat.

Tidak hanya daging buahnya, manfaat kulit semangka dapat membantu mengatasi disfungsi ereksi ringan hingga sedang. Kekuatan penambah libidonya berasal dari asam amino citrulline, yang terkandung di kulit.

Mencegah Batu Ginjal

Sejak lama semangka juga dipercaya sangat membantu untuk membersihkan endapan beracun di ginjal karena kandungan kalium yang cukup banyak dalam buah ini. Selain itu, semangka juga membantu mengurangi konsentrasi asam urat dalam darah, sehingga mengurangi kemungkinan kerusakan ginjal dan pembentukan batu ginjal.

Karena kandungan semangka yang memiliki banyak air, buah ini dapat mendorong buang air kecil, yang sekali lagi bermanfaat untuk membersihkan ginjal. Kandungan antioksidan dalam semangka juga dapat menyehatkan ginjal untuk waktu yang lama.

Mencegah Kanker

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa insulin-like growth factors (IGF) atau faktor pertumbuhan sepetri insulin yang lebih rendah penting untuk mengobati kanker. Manfaat semangka juga membantu menurunkan insulin yang sering menjadi faktor utama kanker memburuk.

Semangka telah mendapatkan banyak perhatian dalam beberapa tahun terakhir, terutama karena tingkat likopen dalam semangka, senyawa fitonutrien karotenoid yang semakin dipercayai berkhasiat sebagai pencegah kanker.

Likopen telah terbukti secara signifikan mengurangi risiko kanker prostat, payudara, usus besar, paru-paru, dan endometrium. Secara keseluruhan, antara potensi antioksidan dari vitamin C, sifat antitumor dari cucurbitacin E dan efek likopen, semangka adalah buah anti-kanker yang bagus.

***

Selain beberapa manfaat di atas, ternyata semangka juga bermanfaat bagi banyak hal, seperti mengurangi risiko kolesterol, mampu membantu untuk membuang racun, menurunkan berat badan, menyehatkan mata, meredakan asam lambung, mencegah penuan, dan banyak manfaat lainnya.

Nah, bagaimana Sobat Muslim? Segera deh cari abang-abang penjual semangka. Di siang bolong dengan terik matahari yang menyengat, mengkonsumsi semangka jadi pilihan tepat. Kuy!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here