Tak Cuma di India, Indonesia Juga Punya Taj Mahal 

79
Masjid An-Nuur Pekanbaru (Foto: Relawan.id)

Riau, Muslim Obsession – Empat provinsi sudah Tim Ekspedisi Ramadhan 1440 H MRI-ACT jajaki, berarti tinggal empat provinsi lagi yang harus tim sambangi. Di Pekanbaru ternyata banyak destinasi yang bisa dikunjungi, salah satunya Masjid Agung An-Nur. Di tempat ini tim ekspedisi berkesempatan mengunjungi masjid terbesar di Pekanbaru, Riau.

Masjid yang terletak di Jalan Hangtuah, Sumahilang, Pekanbaru, jika dilihat dari desain bangunannya banyak terpengaruh gaya campuran arsitektur Melayu, Turki, Arab dan India.

Masjid yang berdiri tanggal 27 Rajab 1388 H atau bertepatan dengan tanggal 19 Oktober 1968 ini, diresmikan langsung oleh Arifin Ahmad, Gubernur Riau pada saat itu. Pada tahun 2000, masjid ini direnovasi. Proses renovasi selesai pada tahun 2006. Pemakaiannya diresmikan oleh Presiden RI tahun 2007 Soesilo Bambang Yudhoyono, bertepatan dengan ulang tahun emas Provinsi Riau ke-50.

Dari pembangunan tahun 2000 tersebut luas lahan masjid ini bertambah tiga kali lipat dari sebelumnya yang hanya seluas 4 hektare menjadi 12.6 hektare, dan memberikan keleluasaan bagi penyediaan lahan terbuka untuk warga kota termasuk di dalamnya kawasan taman hijau dan lahan parkir yang begitu luas.

Dalam sejarahnya Masjid Agung An-Nur pernah menjadi kampus bagi Fakultas Ushuluddin Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Syarif Kasim Pekanbaru di awal pendiriannya hingga tahun 1973. IAIN Sultan Syarif Kasim kini Menjadi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN SUSKA) Pekanbaru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here