Tak Banyak Tahu! Capung Ternyata Bio-Indikator Air Bersih

158
Capung di atas air. (Foto: christineelder)

Muslim Obsession – Di lingkungan Anda masih banyak Capung? Bersyukurlah, karena binatang bersayap tipis ini ternyata memiliki manfaat luar biasa bagi manusia.

Hewan pemilik nama ilmiah Anisoptera ini merupakan salah satu serangga yang berperan penting dalam keseimbangan ekosistem, yaitu sebagai bio-indikator pencemaran lingkungan air.

“Keberadaan Capung bisa menjadi indikator air bersih dan lingkungan sehat, karena kehidupan Capung tak dapat dipisahkan dengan air,” demikian diinformasikan laman Facebook Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Disebutkan bahwa dalam siklus hidupnya sebelum menjadi Capung dewasa, telur Capung hidup di air permukaan (sungai, sawah, telaga, waduk, dan lain-lain). Telur Capung kemudian menetas menjadi larva dan berkembang menjadi nimfa.

Nimfa Capung inilah yang sensitif terhadap pencemaran, sehingga membantu kita menandai mana air yang tercemar atau tidak. Sebagian besar dari bakal Capung itu tak mampu hidup tanpa air bersih, dan hanya sebagian kecil yang mampu toleran terhadap air yang tidak bersih.

Nah, sekarang sudah paham kan? Yuk, kita jaga perairan di sekitar kita dengan tidak mencemarinya dengan limbah, sampah dan polutan lainnya agar keseimbangan ekosistem tetap terjaga. (arh)

Capung adalah salah satu serangga yang berperan penting dalam keseimbangan ekosistem, yaitu sebagai bio-indikator pencemaran lingkungan air. (Foto: FB Kementerian PUPR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here