Tak Banyak Diketahui, Ternyata Ada Ratusan Juta Pohon di Gurun Pasir Sahara

103
Gurun pasir Sahara. (Foto: cnn)

Muslim Obsession – Gurun pasir Sahara, ternyata tak sepenuhnya gersang. Hamparan pasir terluas di dunia dengan panas matahari menyengat dan terkesan tidak ada kehidupan itu nyatanya dihuni ratusan juta pohon.

Para ilmuwan menemukan studi baru yang menunjukkan bahwa Sahara menyembunyikan sesuatu yang tak terduga: ratusan juta pohon.

Mengutip Obsessionnews, Rabu (21/10/2020), para ilmuwan menghitung pohon satu per satu untuk memastikannya. Tidak ada hutan di gurun pasir, namun pohon-pohon ini tumbuh terpisah.

Kelompok peneliti internasional berhasil menghitung jumlah pohon satu persatu di kawasan berukuran 1,3 juta kilometer persegi di kawasan barat laut Afrika.

Kawasan yang membentang di berbagai negara termasuk Aljazair, Mauritania, Senegal dan Mali dan mencakup bagian kawasan Sahara Barat dan juga Sahel, kawasan semi tropis di bagian selatan padang pasir.

Studi yang diterbitkan di jurnal Nature, menyimpulkan bahwa masih ada lagi jumlah besar pohon yang tak terduga di kawasan ini.

Secara lebih khusus, pohon yang tercatat berjumlah 1,8 miliar, data yang jauh lebih tinggi dari yang semula diduga.

Ketua peneliti kelompok ini, Martin Brandt dari Universitas Kopenhagen, Denmark, mengatakan kepada BBC Mundo walaupun “sebagian besar pohon berada di Sahel, ada ratusan juta pohon di Sahara sendiri.”

“Perkiraannya sekitar satu sampai tiga per hektare rata-rata di kawasan sangat tandus Sahara. Terdengar tak banyak, namun jumlah lebih lebih banyak dari yang kami perkirakan,” katanya.

Brandt juga menambahkan bahwa kawasan yang diteliti hanya 20% wilayah Sahara dan Sahel, jadi “jumlah pohon secara keseluruhan jauh lebih tinggi”.

Dulu, Sahara Kawasan Subur

Dikenal sebagai kawasan yang sangat panas, ternyata gurun Sahara merupakan kawasan subur pada ribuan tahun di masa lampau.

Dilansir dari Popular Science, sekitar 10.000 tahun lalu, Sahara bukan gurun melainkan tempat yang subur dan hijau. Sahara tertutup tumbuhan dan menahan badan air. Bahkan ada danau besar yang luasnya mencakup lebih dari 42.000 mil persegi.

Lalu, apa yang menyebabkan oasis hijau subur berubah menjadi tanah kering yang tertutup pasir seperti sekarang ini?

Perubahan yang terjadi pada Sahara dinilai wajar. Curah hujan di daerah itu tidak pernah stabil karena perubahan orbit bumi.

Perubahan ini memengaruhi jumlah energi matahari yang mencapai Sahara. Dengan lebih banyak energi, semakin banyak curah hujan di Sahara, dan sebaliknya.

Karena perubahan ini, iklim Sahara selalu tidak teratur, terjadi pergerakan perlahan antara lembab dan kering selama ribuan tahun. Tetapi sekitar 8.000 dan 4.500 tahun lalu, terjadi perubahan pada Sahara.

Daerah itu berubah dari lembab menjadi kering jauh lebih cepat dari biasanya. Sejak saat itu, Sahara tetap kering. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here