Tahun Ini Kemenag Akan Gelar Lomba Bahtsul Kutub bagi Penghulu

638
Kemenag - Kompetensi

Bengkulu, Muslim Obsession – Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama tahun ini akan menggelar lomba Bahtsul Kutub bagi para penghulu. Ajang ini merupakan metamorfosa dari lomba baca kitab yang sudah rutin digelar dalam beberapa tahun terakhir.

Dilaporkan situs resmi Kemenag, Direktur Bina KUA dan Keluarga Sakinah, Mohsen, mengatakan bahwa lomba bahtsul kutub digelar dalam rangka meningkatkan wawasan keagamaan penghulu agar lebih mumpuni.

Melalui mekanisme pembahasan, penghulu diharapkan tidak sekedar bisa membaca, tapi juga memahami teks kitab-kita yang menjadi rujukan dalam pengambilan dalil dan berargumen.

“Jadi kita tingkatkan. (Penghulu) bukan hanya bisa membaca, tapi juga harus mampu memahami dan membandingkan pendapat para ulama terkait masalah hukum Islam,” ujar Mohsen saat membuka kegiatan Peningkatan Kompetensi dan Budaya Kerja Penghulu di Provinsi Bengkulu, Rabu (14/3/2018) di Bengkulu.

Menurutnya, peningkatan kompetensi penghulu mutlak dilakukan, mengingat tantangan yang dihadapi semakin banyak dan beragam. Penghulu saat ini tidak hanya bertugas sebagai pegawai pencatat nikah dan rujuk, tapi juga sering diperankan sebagai ulama dan muballig.

Sebagai pejabat administrator penghulu harus melek terhadap regulasi. Saat ini untuk mengakses regulasi juga sudah sangat mudah karena sudah tersedia di internet.

Sebagai seorang ulama, katanya, penghulu dituntut memiliki kepribadian sebagai panutan umat dan memiliki wawasan keagamaan yang mumpuni serta memahami teks kitab-kitab rujukan sebagai sumber dalam pengambilan dalil dan argumen.

“Sementara sebagai muballig, penghulu dituntut mampu menyampaikan pesan dakwah Islam yang rahmatan lil alamin yang penuh dengan kesejukan sehingga dapat membimbing umat kepada persatuan,” jelas Mohsen.

Kegiatan peningkatan kompetensi dan budaya kerja bagi penghulu di Provinsi Bengkulu ini diikuti 60 peserta. Kepala Subdit Bina Kepenghuluan, Zainal Muttaqin, selaku penyelenggara kegiatan menyebutkan, kegiatan ini pada tahun 2018 akan dilaksanakan di tiga provinsi, yakni Provinsi Bengkulu, Sulawesi Tenggara, dan Maluku. (**)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here