Tahun Ini Jokowi Hanya Mengukuhkan 8 Anggota Paskibraka

66

Jakarta, Muslim Obsession – Di tengah wabah pandemi corona ini upacara HUT RI ke-75 di Istana Negara akan dilaksanakan secara terbatas. Karenanya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) hanya mengukuhkan delapan anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka).

Pengkukuhhan Paskibraka dilaksanakan di Istana Negara, Kamis (13/8/2020). Pengukuhan ini dilakukan pada pukul 13.00 WIB dan serentak dengan Paskibraka tingkat provinsi di 34 provinsi di Indonesia secara virtual.

Pengukuhan Paskibraka 2020 dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mengheningkan Cipta yang berjalan dengan khidmat.

Adapun yang menjadi Komandan Upacara pada pengukuhan Paskibraka kali ini yaitu Dhea Lukita Andriana, anggota Paskibraka dari Jawa Timur. Dhea tercatat sebagai siswa kelas 3 SMA Negeri 1 Ngunut Tulungagung.

Dalam kegiatan tersebut, Presiden Jokowi membacakan teks Pengukuhan Paskibraka.

“Dengan Memohon Ridho Allah Yang Maha Kuasa, pada hari ini saya mengukuhkan saudara-saudara sebagai pasukan pengibar Bendera Pusaka yang akan bertugas di Istana Merdeka pada 17 Agustus 2020. Selanjutnya, pada Para Gubernur di 34 provinsi, saya persilakan mengukuhkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka yang bertugas di provinsi masing-masing. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa memberikan rahmat dan kemudahan dalam tugas negara,” kata Kepala Negara.

Pada tahun-tahun sebelumnya, ada 68 anggota Paskibraka yang bertugas di Istana Kepresidenan. Namun, akibat pandemi Covid-19, tahun ini jumlahnya dipangkas menjadi delapan anggota saja. Tiga anggota akan betugas untuk upacara kenaikan bendera, dan tiga anggota untuk upacara penurunan. Sisanya, dua anggota cadangan.

Delapan orang tersebut diambil dari anggota Paskibraka yang menjadi cadangan pada 2019. Delapan anggota tersebut yakni Indrian Puspita Rahmadhani (SMAN 1 Bireuen NAD), I Gusti Agung Bagus Kade Sangga Eirav Adhita (SMAN 1 Mendoyo Bali), Sudrajat Prawijaya (SMAN 4 Rejang Lebong Bengkulu). (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here