Tahun 2021 Kanada Larang Penggunaan Sedotan Plastik

102
Perdana Menteri (PM) Kanada Justin Trudeau.
Perdana Menteri (PM) Kanada Justin Trudeau.

Ottawa, Muslim Obsession – Mulai tahun 2021 mendatang, Kanada bakal memperlakukan larangan memakai plastik sekali pakai seperti sedotan, tas atau peralatan makan.

Hal tersebut seperti disampaikan Perdana Menteri (PM) Kanada Justin Trudeau.

Dengan kebijakan tersebut, menjadi kontribusi Kanada dalam mengurangi produksi sampah nonorganik dan melindungi laut dunia.

“Secara jujur saya katakan, sebagai orangtua, sulit untuk menjelaskan hal ini kepada anak-anak saya. Bagaimana menjelaskan ikan hiu yang terdampar mati di banyak pantai di dunia, dan perut mereka penuh berisi sampah plastik,” kata PM Trudeau, seperti laporan ABC News Indonesia yang dikutip Muslim Obsession, Rabu (12/6/2019).

Menurutnya, tindakan yang dilakukan Kanada ini mengikuti jejak Parlemen Uni Eropa yang sebelumnya tahun ini menyetujui pelarangan penggunaan peralatan plastik sekali pakai.

“Sebagai orangtua, saat kita membawa anak-anak ke pantai, kita sampai harus mencari tempat yang tidak dikotori sedotan plastik atau botol, dan yang lain,” tambahnya.

Di Kanada, hanya sekitar 10 persen penggunaan plastik yang didaur ulang.

Menurut pernyataan pemerintah, Kanada menunda penerapan larangan sampai tahun 2021 guna memberikan kesempatan kepada dunia sains guna menentukan bahan plastik mana saja yang buruk bagi lingkungan dan kesehatan manusia. (Way)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here