Tahukah Kamu? Charlie Chaplin Ternyata Pernah Kalah dalam Kontes Mirip Dirinya

95
Charlie Chaplin.

Muslim Obsession – Ingat Charlie Chaplin? Bernama lengkap Sir Charles Spencer Chaplin KBE (16 April 1889 – 25 Desember 1977), Charlie Chaplin adalah seorang pelawak, sutradara, dan komposer film dari Inggris yang terkenal pada era film bisu.

Charlie Chaplin biasa dikenal dengan kumis mirip Hitler, topi tinggi hitam, jas sewarna yang tongkat panjangnya, memakai sepatu unik dan berjalan dengan gaya yang aneh.

Sejak Charlie Chaplin mulai muncul dalam film pertamanya pada tahun 1914 atau 1915, Amerika Serikat memiliki kasus besar “Chaplinitis.” Kumis Chaplin tiba-tiba bermunculan di mana-mana untuk meniru Chaplin.

BACA JUGA: Tahukah Kamu, Siapa PNS Pertama di Indonesia?

Ya, Charlie Chaplin memang seorang aktor populer. Karena kepopulerannya tersebut, digelarlah kontes mirip Charlie Chaplin.

Mengutip Open Culture, Bob Hope muda rupanya memenangkan satu kontes seperti itu di Cleveland. Demam Chaplin terus membara hingga tahun 1921, tahun ketika kontes mirip Chaplin diadakan di luar Teater Liberty di Bellingham, Washington.

Sebuah artikel pendek berjudul “How Charlie Chaplin Failed,” muncul di The Straits Times of Singapore pada bulan Agustus 1920 menulis, Lord Desborough, yang memimpin jamuan makan malam di klub Anglo-Saxon menceritakan sebuah kisah yang bersumber dari Miss Mary Pickford.

“Charlie Chaplin suatu hari di sebuah pameran di Amerika Serikat, di mana daya tarik utama adalah kompetisi tentang siapa yang paling bisa meniru jalan Charlie Chaplin. Charlie Chaplin yang asli berpikir mungkin ada kesempatan baginya sehingga dia masuk untuk pertunjukan, tanpa kumis dan sepatu botnya yang terkenal. Dia adalah kegagalan yang menakutkan dan berada di urutan ke-20”.

BACA JUGA: Tahukah Anda, Semut Juga Bisa Tularkan Penyakit Lho!

Sebuah cerita lain muncul di sebuah surat kabar Selandia Baru, Poverty Bay Herald, pada tahun 1920. Seperti halnya cerita lain di surat kabar Australia, the Albany Advertiser, pada bulan Maret 1921.

“Sebuah kompetisi dalam peniruan Charlie Chaplin diadakan di California baru-baru ini. Ada sekitar 40 pesaing, dan Charlie Chaplin, sebagai lelucon, memasuki kontes dengan nama samaran. Dia menyamar sebagai dirinya yang terkenal di film. Tapi dia tidak menang; dia berada di urutan ke-27 dalam kompetisi tersebut,” tulis media tersebut.

Jadi, dalam kontes tersebut, Chaplin hanya menempati urutan ke-20 atau 27? Apakah dia benar-benar mengikuti kontes tersebut?

BACA JUGA: Tahukah Anda? Dua Malaikat Setiap Pagi Berdoa untuk Orang-Orang Seperti Ini

Seabad kemudian, banyak yang menganggap cerita itu sebagai legenda urban. Ketika seorang peneliti meminta Asosiasi Chaplin untuk mempertimbangkan, mereka mengatakan:

“Anekdot yang diceritakan oleh Lord Desborough, siapa pun dia, dikabarkan cukup luas di pers Inggris pada saat itu. Tidak ada referensi lain untuk kompetisi seperti itu di album kliping pers lain yang pernah saya lihat. Jadi saya hanya bisa berasumsi bahwa ini adalah sumber rumor itu, mitos urban, apa pun itu. Namun, itu mungkin benar”.

Wah, kalau benar terjadi, aneh juga ya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here