Tahukah Anda? Wanita di Inggris Sudah Berkerudung Sejak 100 Tahun Lalu

755
Wanita Berhijab (Foto: latterdaysaintmag.com)

Jakarta, Muslim Obsession – Gagasan tentang kesopanan selalu berubah dan berkembang, terutama di masa sekarang.

Mengenakan hijab pun sepertinya muncul sebagai tren belum lama ini. Padahal, wanita di Inggris Utara sudah mengenakan kerudung atau penutup kepala sekitar 100 tahun lalu.

Ada sebuah rekaman yang viral di media sosial yang menunjukkan bagaimana para wanita menutup aurat mereka dengan pakaian tertutup. Tidak hanya itu, para wanita Inggris itu tidak membiarkan rambut mereka terbuka kecuali ditutup dengan kain menyerupai kerudung.

Dalam video tersebut, diketahui para wanita itu adalah pekerja di pabrik Alfred Butterworth, Manchester yang direkam pada tahun 1901, berjudul Edwardian Britain in Colour di channel My5 asal Inggris.

“Yang menarik adalah semua rambut wanita pekerja itu tertutup. Para wanita tidak memperlihatkan rambut panjangnya. Jadi yang kau saksikan pada wanita itu, ada kain yang menutup tubuhnya dan Anda tidak akan bisa melihat rambutnya. Anda hanya bisa melihat wajah mereka,” ujar Sejarawan Prof. Vanessa Toulmin.

Sedangkan saat ini, banyak perdebatan tentang hijab dan wanita yang menutupi rambutnya. Sementara kita melupakan bahwa kita telah melupakan hal itu sebagai bagian dari kebudayaan kita.

“100 tahun lalu, Anda tidak bisa berjalan-jalan di jalanan kota Lancashire dengan rambut yang terjulur keluar. Apakah ini sejarah yang terlupakan?” pungkas Toulmin.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here