Tahukah Anda, Tertawa Itu Menyehatkan Jantung!

812
Manfaat Tertawa bagi kesehatan (Foto: Relia Wire )

Muslim Obsession – Rasulullah Saw. bersabda “Dan janganlah terlalu banyak tertawa. Sesungguhnya terlalu banyak tertawa dapat mematikan hati.” [HR. Tirmidzi 2/50, Dishahihkan Syaikh Al-Albani]

Dalam beberapa tahun terakhir, penelitian telah menunjukkan hubungan yang kuat antara emosi dan kesehatan jantung. Penelitian tersebut menyebut bahwa permusuhan, kemarahan, depresi, kecemasan, dan isolasi sosial mengarah pada tingkat penyakit jantung yang lebih tinggi.

Namun di sisi lain, tertawa, perasaan bahagia, dan selera humor tinggi berhubungan dengan kesehatan jantung yang terjaga. Itu karena semua hal tersebut mampu memberikan efek positif sebagai berikut:

1. Peningkatan aliran darah

Para peneliti di University of Maryland Medical Center menemukan bahwa tertawa mampu meningkatkan aliran darah, dengan melebarkan lapisan dalam pembuluh darah yang disebut endotelium.

Tertawa juga menyebabkan pelepasan beta-endorfin dalam hipotalamus, yang mengarah pada pelepasan oksida nitrat. Perlu Anda tahu, oksida nitrat adalah bahan kimia yang melindungi jantung dengan mengurangi peradangan dan mencegah pembentukan plak kolesterol.

Para peneliti mengatakan bahwa perubahan endotelium yang disebabkan oleh tertawa tampaknya mirip dengan manfaat latihan aerobik atau penggunaan obat penurun kolesterol seperti statin. Perbedaannya adalah bahwa tertawa dilakukan secara spontan sehingga mampu memberikan efek secara langsung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here