Tahukah Anda? Dua Malaikat Setiap Pagi Berdoa untuk Orang-Orang Seperti Ini

739

Muslim Obsession – Doa para malaikat senantiasa dikabulkan Allah ‘Azza wa Jalla. Mereka adalah makhluk Allah yang selalu beribadah dan tak pernah bermaksiat. Maka beruntunglah orang-orang yang didoakan baik oleh para malaikat.

Dan, tahukah Anda? Setiap pagi ada dua malaikat yang berdoa bagi orang-orang yang ikhlas memberikan nafkah keluarga dan gemar bersedekah. Hal ini diketahui dari hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berikut ini:

Dari Abu Hurairah, ia berkata bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَا مِنْ يَوْمٍ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيهِ إِلاَّ مَلَكَانِ يَنْزِلاَنِ فَيَقُولُ أَحَدُهُمَا اللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا، وَيَقُولُ الآخَرُ اللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا

“Ketika hamba berada di setiap pagi, ada dua malaikat yang turun dan berdoa, “Ya Allah berikanlah ganti pada yang gemar berinfak (rajin memberi nafkah pada keluarga).” Malaikat yang lain berdoa, “Ya Allah, berikanlah kebangkrutan bagi yang enggan bersedekah (memberi nafkah),” (HR. Bukhari no. 1442 dan Muslim no. 1010).

Dikutip dari Rumaysho, Ibnu Batthol menyebutkan bahwa yang dimaksud adalah mengeluarkan infak yang wajib seperti nafkah untuk keluarga dan nafkah untuk menjalin hubungan kekerabatan (silaturrahim).

Hal ini juga ditegaskan oleh Allah ‘Azza wa Jalla dalam QS. Saba’ ayat 39:

قُلْ إِنَّ رَبِّي يَبْسُطُ الرِّزْقَ لِمَنْ يَشَاءُ مِنْ عِبَادِهِ وَيَقْدِرُ لَهُ وَمَا أَنْفَقْتُمْ مِنْ شَيْءٍ فَهُوَ يُخْلِفُهُ وَهُوَ خَيْرُ الرَّازِقِينَ

“Katakanlah: “Sesungguhnya Tuhanku melapangkan rezki bagi siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya dan menyempitkan bagi (siapa yang dikehendaki-Nya).” Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia-lah Pemberi rezki yang sebaik-baiknya”.

Ayat di atas menjelaskan, siapa saja yang mengeluarkan nafkah dalam ketaatan kepada Allah, maka akan diberi ganti.

Dalam hadits qudsi dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

قَالَ اللَّهُ تَبَارَكَ وَتَعَالَى يَا ابْنَ آدَمَ أَنْفِقْ أُنْفِقْ عَلَيْكَ

“Allah Tabaraka wa Ta’ala: Wahai anak Adam, berinfaklah, Allah akan mengganti infakmu.” (HR. Bukhari no. 4684 dan Muslim no. 993)

Sementara itu, Imam Nawawi rahimahullah ketika menjelaskan hadits doa malaikat di atas dalam Syarh Shahih Muslim menyebutkan,

قَالَ الْعُلَمَاء: هَذَا فِي الْإِنْفَاق فِي الطَّاعَات وَمَكَارِم الْأَخْلَاق وَعَلَى الْعِيَال وَالضِّيفَان وَالصَّدَقَات وَنَحْو ذَلِكَ، بِحَيْثُ لَا يُذَمُّ وَلَا يُسَمَّى سَرَفًا، وَالْإِمْسَاك الْمَذْمُوم هُوَ الْإِمْسَاك عَنْ هَذَا

“Para ulama menyatakan bahwa infak yang dimaksud adalah infak dalam ketaatan, infak untuk menunjukkan akhlak yang mulia, infak pada keluarga, infak pada orang-orang yang lemah, serta lainnya. Selama infak tersebut tidaklah berlebihan, alias boros. Adapun enggan berinfak yaitu enggan mengeluarkan untuk nafkah dan semisal itu.”

Demikianlah keutamaan orang-orang yang memberikan nafkahnya dengan baik pada keluarga dan memberikan sedekah kepada orang-orang yang bersedekah. Sebaliknya, doa buruk juga diberikan malaikat kepada orang-orang yang enggan berinfak.

Semoga Allah senantiasa membimbing kita menjadi orang-orang yang gemar memberikan infak dengan ikhlas. Aamiin.

Wallahu A’lam biss Showab.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here