Tadabur Alam, Cara Dai Parmusi Ini Tanamkan Cinta pada Allah dan Islam

2728
Samsi Sambas 1
Dai Parmusi di Sambas tengah mengajar siswa-siswi TPA At-Taqwa Parit Raja dalam kegiatan Tadabbur Alam. (Foto: Istimewa)

Jakarta, Muslim Obsession – Ada banyak cara menanamkan kecintaan anak pada Islam dan Allah Sang Maha Pencipta. Bosan dengan belajar di kelas, belajar di ruang terbuka (outdoor) pun asyik untuk dilakukan.

Seperti yang dilakukan Ustadz Samsi kepada anak-anak didiknya di Taman Pendidikan Al-Quran (TPA) At-Taqwa Desa Parit Raja, Kecamatan Sejangkung, Sambas, Kalimantan Barat. Dai Parmusi (Persaudaraan Muslimin Indonesia) Sambas itu mengajak sekitar 30 siswa-siswi TPA melakukan kegiatan Tadabbur Alam ke Bukit Piantus beberapa waktu lalu.

“Kegiatan ini merupakan cara mensyukuri ciptaan Allah sekaligus mengenalkan Allah sebagai Sang Maha Pencipta. Kami lakukan game juga untuk tanya jawab seputar wawasan keislaman,” tutur Ustadz Samsi saat dihubungi Muslim Obsession, Selasa (4/12/2018).

Ustadz Samsi menuturkan, anak-anak didiknya terdiri dari siswa kelas 1-6 SD dan SMP. Sebagai pengajar satu-satunya di TPA At-Taqwa, Ustadz Samsi mengaku harus pintar-pintar membagi waktu dan materi pelajaran.

Kegiatan belajar mengajar (KBM) dilaksanakan setiap hari Sabtu dan Ahad mulai pukul 14.00-16.00 di Masjid At-Taqwa. Ia mengajarkan sejumlah materi keislaman, seperti cara berwudlu, shalat, hafalan doa, surah pendek, dan hadits, juga bahasa arab tingkat dasar.

TPA At-Taqwa dirintis Ustadz Samsi seorang diri. Kendati demikian, ia mengaku bersyukur karena PD Parmusi Sambas berkontribusi besar agar proses KBM terus berjalan.

“Selama ini saya cuma saya berkoordinasi dengan pengurus PD PARMUSI Sambas, Bapak H. Satono. Alhamdulillah beliau banyak membantu,” pungkasnya. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here