Tablet Kuno Berusia 2.300 Tahun Ditemukan di Tembok Sekolah Turki

81
Tablet kuno

Turki, Muslim Obsession – Tablet berusia 2.300 tahun secara tidak sengaja ditemukan di dalam dinding taman sebuah sekolah di provinsi Muğla barat daya Turki selama pekerjaan pembangunan jalan.

Tablet ini ditemukan oleh arkeolog Okan Özalp, yang mengambil bagian dalam perbaikan jalan Kotamadya kabupaten Datça dekat Sekolah Dasar Kazım Yılmaz yang terletak di lingkungan Iskele, akhir pekan lalu.

Özalp dilaporkan melihat tablet dengan alfabet Yunani kuno dan segera memberi tahu pejabat Direktorat Museum Marmaris tentang penemuan itu. Pihak museum lalu mengirim tim ahli yang dengan aman melepas tablet kuno tersebut dari dinding.

Dilansir Daily Sabah, Senin (3/6/2019) Özalp mengatakan kepada wartawan bahwa tablet itu berasal dari abad ke-3 SM. dan mereka percaya bahwa patung itu pada awalnya melekat pada sebuah patung.

Dia mencatat bahwa sebagian tablet telah rusak, hingga membuatnya tidak terbaca.

“Mungkin saja tablet itu ditulis untuk menghormati seseorang yang melayani kota pada saat itu dan mungkin diletakkan di samping patung sebagai sarana untuk berterima kasih kepada orang itu,” kata Özalp.

“Analisis oleh para ahli museum akan menentukan tanggal pasti tablet itu,” tambahnya.

Perlu diketahui, lokasi penemuan tabet terletak di Turki selatan, Datça adalah rumah bagi kota Yunani kuno, Knidos. (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here