Syarwan Hamid, Tokoh Melayu yang Kembalikan Gelar Adat LAM Riau Karena Jokowi

151

Jakarta, Muslim Obsession – Mantan Menteri Dalam Negeri Syarwan Hamid dikabarkan meninggal dunia. Letjend TNI Purn Syarwan Hamid meninggal dunia Kamis (25/3/2021) pukul 03.20 WIB di Rumah Sakit Yudhistira Cimahi Jabar. Diduga kuat karena serangan jantung.

Syarwan Hamid meninggal diusia ke 77 tahun. Dia adalah tokoh melayu yang lahir di Dusun Pusaka, Kabupaten Siak, 10 November 1943. Ia pernah menjadi Menteri Dalam Negeri pada Kabinet Reformasi Pembangunan dan sebelumnya menjadi Wakil Ketua MPR hasil Pemilu 1997.

Beberapa tahun lalu, nama Syarwan sempat rampai dibicarakan publik karena ia kekeuh mengembalikan gelar adat yang pernah diberikan LAM Riau pada dirinya. Alasannya, ia tidak mau jika LAM Riau juga memberikan gelar adat Melayu kepada Presiden Joko Widodo.

Ia pun akhirnya melepas gelar adat Datuk Lela Seri Negara dari LAM Riau. Syarwan bersama para tokoh melayu merasa keberatan dengan sikap pengurus LAM Riau yang memberikan gelar adat pada Presiden Joko Widodo.

“Sebenarnya bukan saya saja tokoh Riau yang keberatan atas sikap pengurus LAM Riau. Banyak mereka hubungi saya melalui pesan Whatsapp, semuanya keberatan,” ujar Syarwan pada 2018 silam.

Syarwan Hamid mengatakan, hal itu merupakan bentuk nyata dirinya dalam mempertahankan marwah Melayu Riau. Ia juga mengaku berat untuk menanggalkan gelar adatnya tersebut.

Namun ia menganggap, hal itu merupakan harga yang harus ia bayar demi mempertahankan marwah Melayu Riau, karena pemberian gelar adat kepada Presiden Jokowi tidak tepat.

Syarwan Hamid diberi gelar adat “Datuk Lela Seri Negara” sebagai bentuk penghargaan pada dirinya yang merupakan putra terbaik Riau dan dianggap memiliki prestasi besar dalam kemajuan daerah.

Tidak mudah bagi Syarwan Hamid mendapatkan gelar itu. Banyak perjuangan yang harus dilalui termasuk memekarkan 7 kabupaten di Riau menjadi 12 kabupaten seperti saat ini.

“Saya berjuang mendapatkan gelar adat tersebut tidak mudah. Banyak perjuangan di situ, salah satunya adalah memekarkan 7 kabupaten menjadi 12 kabupaten di Riau,” ungkapnya.

Syarwan Hamid mendapatkan gelar adat Datuk Lela Seri Negara dari LAM Riau, 26 November 2000 lalu. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here