Syarief Hasan, Menegakkan Check and Balance di Parlemen

150
Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Syarief Hasan. (Foto: Sutanto/OMG)

Muslim Obsession“Saya berharap parlemen Indonesia ke depan lebih baik di dalam menjalankan fungsi check and balance, demi menciptakan demokrasi yang sehat, demi kepentingan bangsa dan negara, dan demi kepentingan rakyat.”­­

Di tengah pandemi Covid-19, selain mendorong program pemerintah dalam memutus rantai penyebarannya, Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Syarief Hasan tetap aktif mensosialisasikan dan memasyarakatkan Empat Pilar MPR RI, yakni Pancasila, Undang-undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhineka Tunggal Ika.

Baginya, sebuah bangsa akan utuh dan kuat, bila pilarnya kuat. Karenanya, empat pilar itu harus dijaga dan dipelihara oleh seluruh rakyat Indonesia.

“Karena rapat-rapat di parlemen agak dibatasi kehadirannya dan bisa melalui virtual, saya mengambil kesempatan ini untuk lebih banyak ke daerah pemilihan (dapil). Program sosialisasi Empar Pilar MPR RI, seperti diskusi saya intensifkan sehingga saya banyak berinteraksi dengan konstituen. Dengan demikian, semoga konsistensi parlemen akan lebih terasa,” ungkap Syarief Hasan saat melakukan wawacara ekslusif dengan Men’s Obsession di kediamannya yang asri di bilangan Sentul.

Syarief mengisahkan, ia rajin bertandang dari satu pondok pesantren ke pondok pesantran di dapilnya untuk mensosialisasikan Empat Pilar MPR RI. “Saya banga dan senang karena sasarannya tepat. Dalam bersosialisasi metode saya bukan top down, melainkan bottom up. Di dalam penjelasan saya, setiap interval saya selalu meminta feed back kepada santri dan santriwati bagaimana tanggapan, pandangan, apa kira-kira terminologinya. Dan, apa yang saya harapkan terpenuhi semua, mereka bisa memahami,” ayah dari Ziankha Amorette Fatimah ini menerangkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here