Syaikh Nawawi Al-Bantani, Ulama Indonesia yang Mendunia

59
Syaikh Nawawi Al Bantani (Foto: Kabarmakkah.com)

Muslim Obsession – Syaikh Muhammad Nawawi Al-Jawi Al-Bantani, nama yang sedikit dikenal oleh kalangan awam namun sangat harum di lingkungan ulama Indonesia. Dialah salah seorang tokoh yang sangat penting bagi dunia pesantren dan perumusan kitab kuning di Indonesia.

Syaikh Muhammad Nawawi Al-Jawi Al-Bantani adalah seorang ulama besar dari Indonesia yang pernah menduduki posisi sebagai salah satu Imam Besar di Masjidil Haram. Gelar Al-Bantani sendiri, dianugerahi kepadanya sebagai identitas atas asal tempat kelahirannya, yakni di Desa Padaleman, Kecamatan Tanara, Serang, Banten pada 1230 H/1813 M.

Mendapat kehormatan sebagai ulama yang karyanya menjadi rujukan utama di berbagai pesantren di tanah air, bahkan di luar negeri. Bernama lengkap Abu Abdullah al-Mu’thi Muhammad Nawawi bin Umar Al-Tanari Al-Bantani Al-Jawi, Syaikh Nawawi sejak kecil telah diarahkan ayahnya, KH. Umar bin Arabi menjadi seorang ulama.

Setelah mendidik langsung putranya, KH. Umar yang sehari-harinya menjadi penghulu Kecamatan Tanara menyerahkan Nawawi kepada KH. Sahal, ulama terkenal di Banten. Usai dari Banten, Nawawi melanjutkan pendidikannya kepada ulama besar Purwakarta Kyai Yusuf.

Dia tumbuh bersama tujuh saudaranya. Syaikh Nawawi sendiri, diketahui masih merupakan satu ikatan generasi dengan raja pertama Kesultanan Banten, yakni Sultan Maulana Hasanuddin, putra salah satu Wali Songo, yaitu Sunan Gunung Jati.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here