Swab Antigen Masih Jadi Syarat dalam Layanan Nikah

61
Tes Swab (Foto: ugm.ac.id)

Jakarta, Muslim Obsession – Kementerian Agama menegaskan salah satu persyaratan layanan nikah di Kantor Urusan Agama (KUA) adalah melampirkan hasil negatif surat swab antigen sebelum pelaksanaan akad nikah.

Persyaratan tersebut mengacu pada SE Dirjen Bimas Islam No. P.002/DJ.III/Hk.007/07/2021 yang dikeluarkan 11 Juli 2021. Dalam aturan tersebut diatur Petunjuk Teknis (Juknis) Layanan Nikah pada KUA masa PPKM Darurat.

BACA JUGA:

Awas HOAKS! Ini Penampakan Kartu Nikah Digital Kemenag yang Benar

Digitalisasi, Kemenag Hentikan Penerbitan Kartu Nikah Fisik

KUA Tak Melayani Pendaftaran Nikah Saat PPKM Darurat

Seperti diketahui, pemerintah kembali memutuskan memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Level 2 hingga Level 4 selama 7 hari. Terhitung mulai 31 Agustus hingga 6 September 2021.

“SE tersebut masih berlaku, salah satunya harus melampirkan hasil negatif surat swab antigen,” ujar Plt. Direktur Bina KUA dan Keluarga Sakinah Ditjen Bimas Islam Kemenag M. Adib Machrus, di Jakarta (1/9/2021).

Adib menjelaskan, pihak yang wajib melakukan swab antigen adalah calon pengantin (catin), wali nikah, dan dua orang saksi. Keduanya wajib melakukan swab antigen yang berlaku minimal 1×24 jam sebelum pelaksanaan akad nikah.

Ia juga mengingatkan penghulu untuk benar-benar memperhatikan protokol kesehatan (prokes) dalam memberikan pelayanan nikah selama masa PPKM.

Adib berpesan, dalam pelayanan pernikahan, penghulu harus memperhatikan prokes, persyaratan swab antigen, dan pembatasan jumlah yang hadir.

“Persyaratan nikah selama PPKM ini tidak lain untuk memastikan pencegahan penularan Covid-19 di klaster pernikahan,” tandasnya. (Fath)

1 KOMENTAR

  1. Nikah saat pencanangan PPKM Darurat level 4. Tanggal 31 Agustus S/d 6 September 2021 Miladiyah sangat tidak manusiawi karena sweab antigen diberlakukan untuk meretas jalannya covid19 dimasa pendemi ini. Jadi berbahagialah tuan- tuin yang akan menikah dibulan September ini. Wabillahi taufiq wal hidayah wassalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh Pettapuangandicom.net HENING.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here