Surga Memiliki 8 Pintu, Apa Aja Ya?

504
Keindahan Alam (Foto: Istimewa)

Muslim Obsession – Surga tempat yang selalu didamba oleh siapapun, karena menjadi tempat impian, di dalamnya menjadi daya tarik tersendiri, karena mata tak pernah melihat keindahannya, apalagi telinga tak pernah mendengar bisikan-bisikannya, bahkan hati pun tak pernah membayangkan betapa luas nan indahnya, sehingga manusia terpanggil ingin merasakannya.

Untuk sampai kesana, telah jelas ditunjukkan oleh Allah Swt dan Rasul-Nya, jalan dan upaya yang seharusnya dikerjakan. Dalam sebuah riwayat Imam Bukhari, hadist dari Shal bin Sa’ad radhiallahu ‘anhu, Rasulullah Saw. bersabda, “Surga memiliki delapan buah pintu. Di antara pintu tersebut ada yang dinamakan pintu Ar-Rayyan yang hanya dimasuki oleh orang-orang yang berpuasa.”

Rasulullah menjelaskan pada hadist di atas, bahwa surga terdiri dari delapan buah pintu, yang di setiap pintunya akan dimasuki oleh orang-orang yang berbeda kualitas amalannya. Dan pada satu pintu bernama Ar-Rayyan, akan dimasuki oleh segolongan manusia yang teramat baik puasanya.

Pada hadist yang berbeda, riwayat dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda, “Barangsiapa yang berinfak dengan sepasang hartanya di jalan Allah maka ia akan dipanggil dari pintu-pintu surga, ‘Hai hamba Allah, inilah kebaikan.’ Maka orang yang termasuk golongan ahli shalat maka ia akan dipanggil dari pintu shalat. Orang yang termasuk golongan ahli jihad akan dipanggil dari pintu jihad. Orang yang termasuk golongan ahli puasa akan dipanggil dari pintu Ar-Rayyan. Dan orang yang termasuk golongan ahli sedekah akan dipanggil dari pintu sedekah.”

1
2
3
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here