Sudah Istikharah? Sudah Tahu Jawabannya?

2270
Ustadz Muhammad Nuzul Dzikri.
Ustadz Muhammad Nuzul Dzikri.

Jakarta, Muslim Obsession – Banyak orang yang menyangka bahwa ketika sudah melaksankan shalat istikharah, maka tanda-tanhda jawaban yang diberikan Allah Swt. bisa datang melalui mimpi.

Menurut Ustadz Muhammad Nuzul Dzikri dalam satu ceramahnya, bahwa jawaban dari shalat istikharah tidak selamanya datang lewat mimpi.

“Adapun tanda istikharah, sebagian orang mengatakan tanda itu datang dari mimpi. Hadirin yang dirahmati Allah SWt. tidak ada satu pun dalil harus dengan mimpi. Tanda istikharah itu bisa dengan banyak hal. Jadi tidak harus dengan mimpi,” kata Ustadz Nuzul Dzikri kepada para jamaahnya, seperti dikutip dari Instagram Tausiyahku, Senin (26/8/2019).

Apalagi misalnya ada istikharah meminta jawaban jodoh yang terbaik, lalu bermimpi, ada ikhwan naik kuda putih dengan bawa taksedo dan seterusnya, itu dikatakan Ustadz Nuzul Dzikri tidak mesti demikian.

“Jadi sekali lagi bisa dengan mimpi dan mimpinya enggak harus dengan satu gambaran atau dengan yang lain. Tapi intinya begini, Antum jangan fokus pada mimpi, tapi fokus pada redaksi doa istikharah yang dibaca,” jelasnya.

Ustadz Nuzul Dzikri melanjutkan, dalam doa istikharah, yang artinya: “Ya Allah jika engkau mengetahuin ini yang terbaik untukku, maka takdirkanlah dia sebagai pasanganku, dan mudahkanlah, dan berkahilah, dan kalau engkau mengetahui bahwa dia tidak bagus untukku, maka palingkanlah dia dariku. Dan gantikanlah yang lebih baik.  Dan buatlah aku ridho kepada kepatusanmu.”

Doa itu yang paling penting, karena Allah tahu semua yang terbaik bagi umatnya. Kalau semua dikembalikan kepada Allah Swt. urusannya akan gampang dan lancar.

“Tapi kalau ternyata mentok sana-mentok sini, berarti itu bukan yang terbaik. Nah kadang-kadang, kita shalat istikharah tapi maksa. Ini yang jadi masalah, akhirnya komplain, Ya Allah saya sudah shalat istikharah tapi kenapa tetap gagal? Loh gimana sih, kan Ana yang minta kepada Allah, Ya Allah kalau ini buruk, maka palingkanlah dirinya dariku. Dan palingkanlah aku dari dia. Eh, giliran Allah palingkan Anda komplain, kan aneh,” papar Ustadz Nuzul Dzikri.

Ketika kita melaksanakan istikharah, sesungguhnya kita sedang meminta yang terbaik dari Allah Swt. Jadi sitikharah itu jangan memaksakan, karena Allah akan tunjukan dengan  cara yang mungkin kita tidak duga, banyak cara Allah untuk menunjukkan hal tersebut.

“Misal tanda-tanda jawabannya dengan pesan singkat. Saat H-3 mau nikah misalnya, si calon laki-lakinya kirim SMS. Lalu kata si laki-laki, ‘San, kamu udah tidur apa belum? Ko San sih? Padahal naman calon perempuannya adalah Fatimah. Nah ini kan tanda bahwa dia punya selingkuhan. Jadi banyak cara Allah untuk menunjukkan,” pungkasnya. (Way)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here