Subhanallah, Para Penumpang Kereta Api Ini Tetap Shalat Jumat di dalam Gerbong

1845
Kereta Api Indonesia

Muslim Obsession – Mengutip hadits Rasulullah Saw. tentang akibat bagi orang yang meninggalkan Shalat Jumat, yang berbunyi, “Sungguh harus berhenti orang-orang yang terbiasa meninggalkan shalat Jumat, atau sungguh Allah benar-benar akan menutup hati-hati mereka. Kemudian sungguh benar-benar mereka akan termasuk orang-orang yang lalai,” (HR. Muslim dari Ibnu Umar dan Abu Hurairah radhiyallahu’anhuma).

Maka, tidak heran para penumpang Kereta Api Ekonomi Bengawan Relasi Perjalanan Stasiun Pasar Senen menuju Purwosari ini, tetap berusaha melaksanakan Shalat Jumat meski dalam perjalanan. Kejadian ini nampak pada rekaman singkat berdurasi hampir delapan menit pada salah satu laman Youtube.

Disebutkan, ada sekitar 30 jamaah yang mengikuti Shalat Jumat. Meski di atas kereta, para penumpang ini nampak khusyuk menjalankan ibadah yang rutin dilaksanakan satu kali dalam seminggu tersebut.

Diawali dengan estafet kantong plastik hitam berisi infak antar penumpang. Lalu, nampak seorang laki-laki paruh baya berdiri sebagai khatib. Selang beberapa saat, adzan dikumandangkan memakai pengeras suara.

Diiringi bunyi bising mesin kereta api, khatib berdiri menyampaikan khutbah selama kurang lebih tiga menit. Tidak lama, salah seorang penumpang berdiri melantunkan iqamah.

Kemudian, para penumpang mendirikan shalat Jumat dengan posisi duduk, mengikuti Imam yang berdiri memimpin shalat.

Berikut, video lengkapnya (Vina)

 

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here