Suara NU di Pilkada Jawa Tengah Pecah

712
NU
Seperti di Jawa Timur, suara NU di Pilkada Jawa Tengah diperkirakan pecah. (Foto: NUOnline)

Jakarta, Muslim Obsession – Suara warga Nahdlatul Ulama (NU) di Pilkada Jawa Tengah ditengarai akan pecah. Dua partai yang mencerminkan pemilih warga NU, yaitu PKB dan PPP masing-masing memiliki calon sendiri.

PKB secara resmi akan mendukung pasangan Sudirman Said-Ida Fauziah sebagai calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Tengah. Sementara PPP mendukung pasangan Ganjar Pranowo-Taj Yasin Maimoen. Dukungan PKB kepada Sudirman akan diumumkan siang ini.

“Makanya Jateng kan Pak Sudirman Said dan Ibu Ida (Fauziah) itu kan. Nanti akan diumumkan. Jam 14.00 WIB siang ini,” kata Wakil Sekjen PKB Jazilul Fawaid di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (9/1/2018).

Sudirman Said merupakan mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, sementara Ida Fauziah saat ini Ketua Fraksi PKB di DPR. Sedangkan Ganjar Pranowo masih menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen adalah putra dari KH. Maimoen Zubair.

PKB sebelumnya, mengklaim Partai Demokrat akan memberikan dukungan kepada Sudirman dan mencabut dukungannya untuk Ganjar. Namun, pihak Partai Demokrat membantah, Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono kekeuh dukung Ganjar.

Jazilul menambahkan alasan PKB memilih Ida sebagai calon pendamping Sudirman Said karena mempertimbangkan keterwakilan pemilih perempuan di Jawa Tengah. Ia mengatakan di provinisi tersebut banyak terdapat pemilih perempuan

Jazilul memperkirakan ada sekitar 40-50 persen pemilih perempuan di Jawa Tengah yang disasar oleh psangan Sudirman Said-Ida Fauziah.

Saat ditanya apakah pemilihan Ida Fauziah sebagai Calon Wakil Gubernur pendamping Sudirman Said sudah disetujui PKS dan PAN, Jazilul menjawab masih dibicarakan.

“Masih lobi ya. Ada perubahan, di Jateng ingin pimpinan baru,” lanjut dia. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here