Sri Sultan HB X: Tetap di Rumah Itu Ibadah

99

Yogyakarta, Muslim Obsession – Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengkubuwono X (HB X) menyatakan, pihaknya tidak akan menerapkan kebijakan lockdwon dalam penanganan pandemi corona ini.

Namun, Sri Sultan meminta masyarakat agar disiplin protokol kesehatan demi mencegah penularan covid-19. Menurutnya, regulasi setegas apapun akan sia-sia jika masyarakat abai.

Sultan mengajak semua warga tetap berada dirumah. Berada di rumah saat pandemi sama dengan ibadah. Sebab, berada di rumah akan menjauhkan masyarakat dari penularan covid-19.

Hal tersebut disampaikan Sultan HB X saat sapa aruh di bangsal kepatihan kompleks Kantor Gubernur DIY pada, Rabu siang 23 Juni 2021. Sultan menyebut covid-19 menjadi tak terkendali karena masyarakat abai protokol kesehatan.

“Tak dapat dipungkiri masyarakatlah yang menjadi subyek pencegahan meluasnya pandemi. Sebaik dan sekuat apapun regulasi hanya akan menjadi aji godhong aking, tak berarti bagai daun kering, jika diabaikan dan tidak dilaksanakan dengan sepenuh hati,” pesan Sultan HB X.

Gubernur DIY mengajak warga Yogyakarta lilo legowo atau rela dan ikhlas menjalankan aturan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat berskala mikro (PPKM Mikro) yang diperketat. Dia juga menginstruksikan pemerintah kabupaten/kota se-DIY bekerja cepat menangani lonjakan kasus.

“Saya tekankan urgensi memberlakukan kebijakan PPKM Mikro secara ketat dan terpadu, sudah tidak bisa ditunda lagi. Segera lakukan re-inisiasi gerakan Jogo Wargo,” kata Sultan HB X. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here