Sosok Fatimah Al-Fihri Desainer Baju dan Topi Toga yang Kaya Makna

619

Jakarta, Muslim Obsession – Bagi kalian yang pernah merasakan menjadi mahasiswa dan pernah diwisuda pasti tidak akan lepas dari baju dan toga. Karena baju dan toga itu memang identik sebagai identitas orang diwisuda.

Tapi tahukah kalian, siapa orang pertama yang punya ide gagasan membuat baju wisuda? Ternyata orang yang mendesain itu adalah sosok Muslimah bernama Fatimah Al-Fihri. Perempuan ini lahir di Qairrawwan, Tunisia, pada 800 M dan meninggal pada 880 M di Fez, Maroko.

Yang menarik dari sosok Fatimah Al-Fihri adalah dia mendesain topi Toga berbentuk kotak. Mengapa harus kotak? Ternyata Fatimah ingin siapa pun yang menggunakan topi tersebut sewaktu diwisuda, pikirannya selalu ingat akan Baitullah atau Ka’bah yg berbentuk kotak dan berwarna hitam tersebut.

Ya, bentuk Ka’bah yang kotak itulah yang mengilhami Fatimah ketika mendesain topi toga yang hingga kini masih dipergunakan para wisudawan/wati.

Fatimah sendiri adalah perempuan Muslimah yang mendirikan universitas pertama di dunia, Universitas Al-Qarawiyyin, di daerah Fez, Maroko. Hal ini tercantum dalam buku Guinness Wolrd Records 1989 bahwa universitas tersebut tercatat sebagai universitas pertama dan tertua di dunia.

Universitas yang berawal dari bangunan masjid tersebut dibangun selama 2 tahun (859 – 861 M). Menurut sebuah riwayat, selama pembangunan berlangsung, Fatimah selalu menjalankan ibadah puasa.

Ilmuwan-ilmuwan dunia yang merupakan alumni universitas tersebut, di antaranya Ibnu ‘Arabi, Ibnu Bajjah, Ibnu Khaldun, Abdullah Al-Ghumari, dan lainnya. Bahkan seorang mahasiswa non-muslim bernama Gerber dari Auvergne yang kelak menjadi Paus Silvester II di Vatikan, pernah menjadi mahasiswa di Universitas tersebut. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here