Soal Celana Cingkrang, Tengku Zulkarnain Singgung Si Buta dari Gua Hantu

395
KH Tengku Zulkarnain (Photo: Istimewa)

Muslim Obsession – Polemik soal celana cingkrang, rupanya, masih terus berlanjut. Wacana Menteri Agama Fachrul Razi yang akan melarang Aparatur Sipil Negara (ASN) mengenakan celana cingkrang dan cadar ditanggapi beragam oleh masyarakat.

Salah satunya Tengku Zulkarnain. Wakil Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu sepertinya tak habis pikir dengan wacana tersebut. Terlebih wacana itu muncul dari tudingan sebagian kalangan bahwa celana cingkrang adalah ciri penganut paham radikal.

Baca juga:

Menag: Radikalisme Sudah Menyebar di Jajaran ASN

Ketua GP Anshor: Banyak Orang Pakai Cadar Cara Berpikirnya Moderat

Menag: Tidak Boleh Ada Kurikulum yang Pancing Radikalisme

“Ada yang mengatakan budaya asing, bukan budaya nasional Indonesia. Macam-macamlah isunya,” tulis Tengku melalui akun Instagramnya, Senin (4/11/2019).

Menurutnya, ada banyak hal yang jauh lebih penting untuk dibicarakan demi kemajuan bangsa. Misalnya bagaimana memantapkan stabilitas nasional, memupuk kasih sayang serta toleransi antar dan internal umat beragama.

Termasuk juga membicarakan soal memajukan ekonomi bangsa, menguatkan ekonomi kerakyatan, mengurangi hutang negara, dan menggairahkan keikutsertaan rakyat dalam membangun keutuhan bangsa, dan lain-lain yang berkaitan dengan kemajuan NKRI.

“Itu lebih baik daripada memanaskan isu celana cingkrang,” tegasnya.

Bahkan bagi Tengku yang mengaku dari generasi tua dan sempat menikmati komik Indonesia serta film Pahlawan Fiksi versi Indonesia asli, cukup terbiasa dengan gaya celana cingkrang tersebut. Sebut saja Si Buta dari Goa Hantu, Wiro Sableng Kapak Naga Geni 212, Panji Tengkorak dan lainnya.

“Mereka semua tampil dengan mode CELANA CINGKRANG. Masihkah kita meributkannya sebagai budaya ASING yang mesti ditakuti dan dimusuhi…? Yang bener aja…!” tutup Tengku. (Fath)

View this post on Instagram

Ribut Soal Celana Cingkrang . Akhir akhir ini jagat raya Indonesia dihebohkan dengan isu celana cingkrang. Celana cingkrang akan dilarang di instansi instansi Pemerintah dan atas diri ASN. Entah apa yang melatar belakanginya, tiba tiba saja viral dan menghebohkan. . Ada sebagian kalangan mulai menuduh celana cingkrang adalah ciri ciri penganut paham radikal. Ada yang mengatakan budaya asing, bukan budaya nasional Indonesia. Macam macamlah isunya. . Bagi kami ada banyak hal yang jauh lebih penting untuk kita bicarakan demi kemajuan bangsa. Misalnya bagaimana memantapkan stabilitas nasional, memupuk kasih sayang dan toleransi antar dan inter umat beragama, memajukan ekonomi bangsa, menguatkan ekonomi kerakyatan, mengurangi hutang negara, dan menggairahkan keikutsertaan rakyat dalam membangun keutuhan bangsa, dll yang berkaitan dengan kemajuan NKRI. Itu lebih baik daripada memanaskan isu CELANA CINGKRANG. . Kami generasi tua ini, sempat menikmati komik Indonesia dan film Pahlawan Fiksi versi Indonesia asli, cukup terbiasa dengan gaya CELANA CINGKRANG tersebut. Sebut saja Si Buta dari Goa Hantu, Wiro Sableng Kapak Naga Geni 212, Panji Tengkorak dll. Mereka semua tampil dengan mode CELANA CINGKRANG. Masihkah kita meributkannya sebagai budaya ASING yang mesti ditakuti dan dimusuhi…? Yang bener aja…! . Pangkalan Brandan, 4 November, 2019 Tengku Zulkarnain

A post shared by Tᴇɴɢᴋᴜ Zᴜʟᴋᴀʀɴᴀɪɴ (@tengkuzulkarnain.id) on

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here