Siwak dan Jintan Hitam Ampuh Menjaga Kesehatan Rongga Mulut

93
Siwak

Muslim Obsession – Rongga mulut merupakan bagian dari tubuh manusia yang tidak terpisahkan dengan tubuh lainnya. Karena itu, sama halnya dengan yang lain, kesehatan rongga mulut juga perlu dijaga dan diperhatikan bersama.

Data statistik menunjukkan, frekuensi kesakitan terhadap rongga mulut masih sangat tinggi, terutama masih tingginya prevalensi karies gigi untuk usia 5 tahun 90,5%, 35-44 tahun 92,2%, dan 65+ tahun sebesar 95%.

Kejadian ini tentu memprihatinkan dan perlu kerja sama serta peran serta semua pihak. Menurut Guru Besar Biokimia Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti Melanie Sadono Djamil, untuk bisa menjaga rongga gigi agar tetap sehat maka diperlukan perilaku atau gaya hidup yang sehat.

Penggunaan bahan dasar pasta gigi yang berbahan dasar alami dengan komposisi seimbang juga dipercaya dapat membuat rongga mulut tetap sehat. Menjaga rongga mulut tetap sehat juga penting karena rongga mulut bisa menjadi awal masuknya bakteri dan virus.

Selama ini, berdasarkan hasil penelitian di sejumlah institut pendidikan tinggi atau lembaga, bahan alami untuk menjaga kesehatan rongga mulut bisa didapat dari kayu siwak (Salvadore persica wall), jeruk nipis, ilalang daun sirih, dan lainnya.

Penggunaan siwak saja tidak cukup untuk menjaga kesehatan mulut. Diperlukan juga khasiat dari habbatus sauda (Nigella sativa linn). Namun, penggunaan habbatus sauda dalam pasta gigi masih jarang.

Padahal, kata Melanie, beberapa penelitian tentang habbatus sauda di bidang kesehatan sudah terbukti memiliki efek terapeutik (berkaitan dengan terapi) salah satunya untuk mencegah terjadinya kanker mulut. Demikian pula dengan siwak, yang sejak zaman Nabi Muhammad SAW sudah dikenal lama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here