Siska Bilah: Jilbab Bikin Balapan Lebih Nyaman dan Tenang

1204
Siska Bilah
Siska Bilah, pebalap muda asal Tangerang, mantap dengan jilbabnya meski menggeluti hobi drag bike. (Foto: Edwin Budiarso/Muslim Obsession)

Tangerang, MuslimObsession.com – Siapa bilang hijab jadi penghambat hobi? Demikian kira-kira pandangan Siska Bilah. Siswi kelas 2 SMK Yuppentek 05 Curug Tangerang itu, nyatanya, justru ingin mematahkan pandangan yang dianggapnya keliru tersebut.

Ditemui di rumahnya, di kawasan Bitung, Curug-Tangerang, perempuan kelahiran Tangerang pada 3 Desember 2000, itu menceritakan impiannya untuk mendulang prestasi tanpa perlu menanggalkan jilbabnya.

Chika, demikian biasa ia disapa, memiliki hobi yang asing bagi sebagian besar kaum hawa. Menarik gas sekencang-kencangnya, pandangan fokus, dengan badan teronggok di jok motor adalah hobinya.

Ya, hobi Chika adalah balapan motor. Hobi yang lumrah bagi laki-laki, tapi asing bahkan aneh bagi perempuan.

Siska Bilah 1

“Hobi saya memang ini. Saya suka acara-acara yang menantang, kayak uji nyali begitu. Motivasi lainnya biar semua orang tahu bahwa perempuan juga punya nyali dan punya kekuatan yang bisa melebihi laki-laki,” ungkap polos Chika kepada MuslimObsession.com, beberapa waktu lalu.

Soal hobi ini, kata Chika, boleh jadi terbentuk karena awalnya dia sering menonton balap motor. Dari sekadar menonton, Chika kemudian coba-coba belajar mengendarai motor dan balapan.

“Pertama sih takut juga, tapi karena senang, sekarang bisa,” kisah Chika.

Chika memang baru di dunia drag bike. Ia baru memasuki arena balap sekira tahun 2013 dan belum memenangkan trofi apapun. Capaian terbaiknya didapat Chika saat ikut Drag Bike Serang-Banten pada 21-22 Oktober lalu, dimana ia menjadi satu-satunya pebalap perempuan dalam daftar 10 besar pebalap yang mampu sampai di garis finish.

Capaian tersebut, tentu disyukuri Chika. Perlahan, hobinya mulai menampakkan hasil di jalur prestasi.

Enggak apa-apa sih. Kan yang paling penting saya bisa menyalurkan hobi,” kata Chika.

Ditanya soal jilbabnya, Chika mengaku sama sekali tak merasa risih meski tetap digunakan saat balapan.

“Sama sekali enggak risih. Malah saya jadi lebih nyaman dan tenang,” aku Chika.

Chika mengaku bukanlah muslimah yang taat. Kendati demikian, urusan jilbab menjadi perhatian khusus baginya. Termasuk juga komitmen Chika yang tak ingin tergoda untuk pacaran, laiknya kebiasaan anak muda seusianya.

Apalagi Chika masih ingin fokus belajar dan mengejar prestasi. Chika mengaku dirinya masih senang berkumpul dengan teman-temannya.

“Pacaran tuh gak penting. Enggak semua pacaran itu kasih solusi. Saya tahunya pacaran itu ribet, sehingga susah bagi waktu untuk belajar, sekolah, dan balapan,” ujarnya tegas.

Ke depan, Chika punya target untuk bisa menjuarai drag bike. Lainnya, Chika ingin berusaha menjadi muslimah yang lebih baik.

“Menurut saya, muslimah yang baik itu walaupun kita banyak kegiatan, tapi kita harus tetap melaksanakan shalat lima waktu. Itu dulu,” tandasnya. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here