Singgung Soal Muslim Uighur, TikTok Blokir Akun Feroza Aziz

229
Feroza Aziz (Foto: brandsynario)

Jakarta, Muslim Obsession – Feroza Aziz, salah satu pengguna TikTok mengklaim dirinya telah diblokir setelah video yang ia unggah viral di media sosial.

Awalnya, Feroza memulai video dengan tutorial tata rias bulu mata. Namun, di tengah video ia menyelipkan pesan tentang kondisi buruk yang dialami Muslim Uighur di kamp-kamp China.  

“Kemudian Anda akan meletakkan penjepit bulu mata ke bawah dan menggunakan ponsel Anda … untuk mencari apa yang terjadi di China, bagaimana mereka mendapatkan kamp konsentrasi, melemparkan Muslim yang tidak bersalah di sana, memisahkan keluarga satu sama lain, menculik mereka, membunuh mereka, memperkosa mereka, memaksa mereka makan daging babi, memaksa mereka minum, memaksa mereka untuk pindah agama,” ujar wanita berusia 17 tahun itu dalam videonya, seperti diberitakan The Guardian, Kamis (28/11/2019).

“Ini adalah Holocaust lain, namun tidak ada yang membicarakannya. Harap waspada, tolong sebarkan kesadaran di Xinjiang sekarang,” katanya, sebelum ia kembali ke tutorial tata rias lainnya. 

Postingan itu rupanya menyedot lebih dari 1,4 juta kali viewers, dan viral di Twitter. Feroza mengaku dirinya adalah warga Afro-Amerika dari New Jersey, mengklaim akunnya, @getmefamouspartthree di masa lalu disensor oleh TikTok.

TikTok yang dimiliki oleh perusahaan teknologi yang berbasis di Beijing, Bytedance, membantah menyensor akun milik Feroza.

“TikTok tidak memoderasi konten karena sensitivitas politik,” kata seorang juru bicara kepada BBC.

Dia mengatakan perusahaan itu telah melarang salah satu video Aziz karena melanggar aturan tentang materi terkait terorisme.

Video-video Feroza itu diposting pada minggu yang sama dengan dokumen bocor yang merinci beberapa langkah yang digunakan untuk mencuci otak ratusan ribu Muslim di wilayah barat Xinjiang. (Vin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here