Singapura Sita 9 Ton Gading Gajah Selundupan

261
Gading Gajah Selundupan (Foto: AFP)

Singapura, Muslim Obsession – Singapura telah melakukan penyitaan gading selundupan terbesar yang pernah ada.

“Kami menyita hampir 9 ton gading barang selundupan dari sekitar 300 gajah,” kata pihak berwenang, Selasa (23/7/2019).

Kargo ilegal itu, yang ditemukan dalam sebuah wadah dari Republik Demokratik Kongo yang dikirim ke Vietnam melalui Singapura, juga termasuk tumpukan timbangan pangolin dalam jumlah besar, yang merupakan penyitaan ketiga dalam beberapa bulan.

“Pada inspeksi, pihak berwenang menemukan 8,8 ton gading gajah,” kata Dewan Taman Nasional, Bea Cukai dan Imigrasi dan Lembaga Pemeriksaan, seperti diberitakan AFP, Rabu (24/7/2019).

Pengangkutan gading itu bernilai $ 12,9 juta dan merupakan penyitaan gading gajah terbesar di Singapura hingga saat ini, dan diperkirakan berasal dari 300 gajah Afrika. Tak hanya gading gajah, ditemukan pula dalam wadah itu 11,9 ton pangolin dan diperkirakan bernilai sekitar $ 35,7 juta. Timbangan tersebut diperkirakan berasal dari 2.000 mamalia.

Itu adalah intersepsi ketiga oleh Singapura atas timbangan pangolin yang diselundupkan sejak April dan membawa total tangkapan hanya dalam waktu tiga bulan menjadi 37,5 ton senilai $ 112,5 juta. Singapura mengatakan barang yang disita akan dihancurkan.

Pangolin, juga dikenal sebagai trenggiling bersisik, sangat terancam punah. Mereka adalah mamalia yang paling diperdagangkan di dunia karena dagingnya dianggap lezat, dan sisiknya yang beberapa orang percaya memiliki kualitas obat.

Sementara gading gajah sangat diminati karena dapat dibuat menjadi barang-barang seperti sisir, liontin, dan perhiasan eksotis lainnya. Perdagangan global gading gajah, dengan pengecualian langka, telah dilarang sejak 1989 setelah populasi raksasa Afrika turun dari jutaan pada pertengahan abad ke-20 menjadi sekitar 600.000 pada akhir 1980-an. (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here