Siasat Perang Taklukkan Lawan Secara Nirmiliter

107

Oleh: Hendrajit (Pengkaji Geopolitik, dan Direktur Eksekutif Global Future Institute)

Kesempatan baik tidak sepenting tempat yang menguntungkan. Ini idiom budaya Cina yang kemudian dikembangkan sebagai dasar menyusun siasat perang menaklukkan lawan secara nirmiliter.

Gagasan dasarnya adalah memancing musuh keluar dari kondisi alam yang menguntungkannya, sehingga rentan menghadapi serangan.

BACA JUGA: Ada Missink Link dalam Cerita G30S/PKI

Siasat perang ini, menurut ahli militer Zhuge Liang dalam heksagram nomor 39 Kitab perubahan, membutuhkan pemikiran geografis sebagai alah satu dari tiga faktor utama dalam memenangkan suatu perang. Adapun dua lainnya adalah kesempatan dan dukungan rakyat.

Menguasai pemikiran geografis menurut Zhuge Liang selain menuntut pemahaman tentang watak manusia yang melekat pada lingkungan fisik daerahnya, juga mengenali watak binatang yang juga lekat kaitannya dengan watak geografis daerahnya.

Misalnya harimau dapat berjaya di daerah-daerah pegunungan tetapi kehilangan kelebihannya di sungai. Sementara ikan hiu pemakan manusia yang bisa menciptakan kebinasaan di laut, tak dapat membuat kerusakan besar di darat.

BACA JUGA: Ketika Kata Mampu Ubah Kelemahan Jadi Kekuatan

Dalam revolusi kemerdekaan Amerika melawan Inggris, pasukan Inggris sering kali kewalahan ketika para milisi bersenjata Amerika berhasil menghindari pertempuran konvensional di wilayah terbuka yang datarannya rata yang merupakan keunggulan Inggris. Mengalihkannya ke pertempuran jarak dekat dari balik pohon-pohon.

Dalam diplomasi dengan negara-negara lain lewat perundingan, memilih tempat perundingan juga menentukan kalah atau menang dalam perang diplomasi antar negara.

Dalam kampanye politik pun menghindari wilayah-wilayah yang membuat pesaing politik punya landasan yang kokoh, juga merupakan pertimbangan strategis. Sebaliknya harus menggiring pesaing ke daerah atau wilayah yang mana dirinya berdiri di atas landasan yang goyah.

Bawalah musuh ke suatu tempat khusus yang anda kenal dengan baik. Itulah intinya. (**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here