Siap Tempur, Anak-anak Idlib Ciptakan Masker dari Gelas Plastik

847
Seorang bocah laki-laki di Idlib mencoba masker gas buatan (Foto: Reuters)

Idlib, Muslim Obsession – Pada 4 September 2018, Observatorium Suriah yang berbasis di Inggris melaporkan bahwa jet Rusia melakukan puluhan serangan udara di daerah yang dikuasai pemberontak di Idlib dan provinsi Suriah lainnya. Akibatnya, sedikitnya 12 warga sipil meninggal dunia.

Untuk menangkal serangan susulan, warga Idlib pun mempersiapkan diri untuk bertempur. Tak hanya orang dewasa, anak-anak pun dilibatkan dalam persiapan tersebut. Mereka masing-masing membuat masker buatan dari gelas plastik untuk melindungi diri dari paparan bahan kimia.

“Kami sedang mempersiapkan apa yang kami bisa. Salah satunya masker primitif kecil yang dapat kami tempatkan di mulut anak-anak kami jika kami terkena bahan kimia,” kata Shahad, warga Idlib berusia 20 tahun, kepada Reuters, Kamis (6/9/2018).

“Persiapan militer seperti yang telah kita saksikan berjalan lancar. Kami sebagai warga sipil telah mulai mempersiapkan gua,” katanya, sambil menunjukkan botol-botol kaca sayuran acar yang disimpan di dinding gua basah.

Setidaknya, sekitar 3 juta orang tinggal di benteng pemberontak di Suriah barat laut, yang terdiri dari sebagian besar provinsi Idlib dan bagian kecil yang berdekatan dari provinsi Latakia, Hama dan Aleppo.

Nyaris setengah dari mereka melarikan diri dari pertempuran atau dipindahkan ke sana oleh pemerintah.

Pada April tahun lalu, sebuah pesawat perang pemerintah menjatuhkan sarin pada Khan Sheikhoun di Idlib, dan menewaskan lebih dari 80 warga sipil. Hingga kini, lebih dari 400.000 orang tewas dan jutaan orang terlantar akibat perang. (Vina)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here