Siang Ini, Presiden Jokowi Pimpin Proses Pemakaman Habibie

56
Jenazah Presiden ke-3 RI, BJ Habibie rencananya akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, pada Kamis (12/9/2019) siang ini.

Jakarta, Muslim Obsession – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan memimpin proses pemakaman jenazah B.J. Habibie. Jenazah Presiden ke-3 RI, B.J. Habibie rencananya akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, pada Kamis (12//9/2019) siang ini. 

“Pukul 13.30 WIB prosesi upacara pemakaman jenazah di TMP Kalibata. Inspektur Upacara (Irup) Presiden RI Bapak Ir H Joko Widodo,” ucap Sekretaris Pribadi BJ Habibie Rubijanto dalam keterangannya, Kamis (12/9/2019).

Habibie akan dimakamkan di sebelah makam sang istri, Ainun Habibie yang telah meninggal dunia lebih dulu. BJ Habibie-Ainun akan menempati slot nomor 120-121 di TMP Kalibata.

Berikut ini rangkaian proses pemakaman BJ Habibie:

  • Pukul 12.30 WIB di rumah duka Jalan Patra Kuningan XIII/3, Jakarta Selatan, upacara penyerahan jenazah dari pihak keluarga kepada pemerintah.
  • Pukul 13.00 WIB jenazah diberangkatkan dari rumah duka Jalan Patra Kuningan XIII/3, Jaksel, menuju Taman Makam Pahlawan Kalibata.
  • Pukul 13.30 WIB, prosesi upacara pemakaman jenazah di TMP Kalibata. Inspektur upacara Presiden Joko Widodo.

Habibie wafat pada usia 83 tahun setelah menjalani perawatan di ruang ICU Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto Jakarta Pusat Sejak Senin lalu. Dia meninggal karena penurunan fungsi tubuh dan gagal jantung.

BJ Habibie merupakan Presiden Indonesia saat transisi dari Orde Baru ke era Reformasi. Dia menggantikan Soeharto yang saat itu dipaksa mengundurkan diri.

Semasa hidupnya, BJ Habibie juga pernah menjabat berbagai jabatan penting seperti CEO Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN) hingga Menteri Riset dan Teknologi sebelum akhirnya mendampingi Soeharto sebagai wakil presiden pada 1998. (Has)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here