Shatu Garko, Muslimah Berhijab Pertama Pemenang Kontes Miss Nigeria 2021

109

Muslim Obsession – “Ada yang bilang, saya akan merusak citra Miss Nigeria. Yang lain bahkan menghasut bahwa saya membawa Boko Haram”.

Demikian pernyataan Shatu Garko, muslimah berhijab pertama yang memenangkan kontes Miss Nigeria 2021 sejak dimulai pada tahun 1957.

Bagi wanita muda yang berasal dari Negara Bagian Kano itu, keputusan untuk mengikuti kontes bukanlah hal yang mudah, terutama karena tentangan ayahnya.

“Ibuku selalu menjadi pendukung terbesarku sehingga meyakinkannya untuk membiarkanku melakukan ini tidaklah sulit. Namun, ayah saya tidak ikut,” kata gadis berusia 18 tahun itu kepada The Punch, dikutip Jumat (24/12/2021).

“Dia khawatir saya dipaksa melepas jilbab saya, atau memakai baju renang, atau diperlakukan berbeda karena jilbab. Ibuku dan aku harus melakukan seluruh presentasi untuk meyakinkannya. Tapi setelah itu, saya mendapat dukungan penuh darinya,” ungkapnya.

Meyakinkan ayahnya, Garko tidak mendengarkan kritik yang menghalanginya untuk berpartisipasi.

Berbicara tentang motivasinya, Garko berkata, “Saya ingin mengambil kesempatan untuk diri saya sendiri. Ketika saya mencalonkan diri, sejujurnya saya tidak berpikir sedetik pun bahwa saya bisa menang.”

“Tapi suara kecil terus terngiang di kepalaku, ‘bagaimana jika kamu terpilih’? Saya menyadari bahwa hanya dengan terpilih, saya dapat menginspirasi begitu banyak gadis muda bahkan jika saya tidak menang,” pungkasnya. (Vina)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here