Shalawat Paling Afdhal yang Diajarkan Nabi Muhammad ﷺ

251

Muslim Obsession – Shalawat memiliki keutamaan yang luar biasa bagi siapapun yang membacanya. Oleh karenanya setiap Muslim diperintahkan untuk bershalawat kepada Nabi Muhammad ﷺ.

Perintah tersebut tidak hanya datang dari Baginda Rasulullah ﷺ, bahkan langsung dari Allah Ta’ala. Seperti dikabarkan dalam QS. Al-Ahzab ayat 56:

إِنَّ ٱللَّهَ وَمَلَٰٓئِكَتَهُۥ يُصَلُّونَ عَلَى ٱلنَّبِىِّ ۚ يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ صَلُّوا۟ عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا۟ تَسْلِيمًا

“Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya”.

BACA JUGA: Dahsyatnya Shalawat Nabi, Mampu Menghapus Seseorang dari Siksa Kubur

Dalam banyak hadits, Rasulullah ﷺ pun menginformasikan pentingnya membaca shalawat dalam kehidupan setiap Muslim. Satu di antaranya adalah hadits berikut:

وعن ابن مسْعُودٍ أنَّ رسُول اللَّهِ ﷺ قَالَ: أَوْلى النَّاسِ بِي يوْمَ الْقِيامةِ أَكْثَرُهُم عَليَّ صَلاَةً رواه الترمذي

“Manusia yang paling berhak bersamaku pada Hari Kiamat ialah yang paling banyak membaca shalawat kepadaku,” (HR Tirmidzi).

Shalawat Ibrahimiyah

Umat Islam sendiri mengenal banyak jenis shalawat. Namun demikian, Habib Muhammad bin Alwi Al-Hadad menyebutkan bahwa ada shalawat yang paling afdhal (utama) menurut Baginda Nabi Muhammad ﷺ.

“Dari semua shalawat yang ada, yang pernah kita dengar, yang pernah diajarkan, shalawat apa yang paling afdhal? Yang tidak ada tandingannya, ini yang paling hebat, adalah Shalawat Ibrahimiyah,” ungkap Habib Muhammad dalam sebuah tayangan video.

Ia menuturkan, keutamaan Shalawat Ibrahimiyah disepakati para ulama. Tidak ada satu pun ulama yang tidak menyoalkan keutamaan Shalawat Ibrahimiyah tersebut.

BACA JUGA: Keutamaan Membaca Shalawat di Hari Jumat

“Keutamaan Shalawat Ibrahimiyah mengalahkan shalawat apapun. Kenapa? Karena Shalawat Ibrahimiyah diajarkan langsung oleh Baginda Nabi Muhammad ﷺ,” jelasnya.

Shalawat Ibrahimiyah sendiri sebenarnya merupakan shalawat yang sangat dekat dengan umat Islam. Inilah shalawat yang dibaca ketika shalat, yakni ketika duduk tasyahud.

Berikut ini lafazh Shalawat Ibrahimiyah:

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كما صَلَّيْتَ عَلَى إبْرَاهِيمَ وعلى آلِ إبْراهِيمَ، وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كما بَاركْتَ عَلَى إبْرَاهِيمَ وَعَلَى آل إبراهيم في العالَمِينَ إنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

Allahumma shalli ‘ala muhammad wa ‘ala ali muhammad kama shallaita ‘ala ibrahim wa ‘ala ali ibrahim wa baarik ‘ala muhammad wa ‘ala ali muhammad kama baarakta ‘ala ibrahim wa ‘ala ali ibrahim fil ‘alamiina innaka hamiidun majiid

“Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada Nabi Muhammad dan kepada keluarga Nabi Muhammad, sebagaimana telah Engkau limpahkan rahmat kepada Nabi Ibrahim dan keluarga Nabi Ibrahim. Limpahkan pula keberkahan bagi Nabi Muhammad dan bagi keluarga Nabi Muhammad, sebagaimana telah Engkau limpahkan keberkahan bagi Nabi Ibrahim dan bagi keluarga Nabi Ibrahim. Sesungguhnya di alam semesta Engkau Maha Terpuji dan Maha Agung.”

Wallahu a’lam bish shawab. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here