Shalat Tidak Wajib Bagi Orang Ini

76
Shalat di Gunung (Foto: NU.or.id)

Muslim Obsession – Secara umum, tidak ada yang bisa membantah jika perintah melaksanakan shalat fadhu ialah wajib. Tanpa ada keraguan sedikit pun, setiap muslim sudah seharusnya menjalankan. Meninggalkan berarti dosa, bahkan bila dengan sengaja melalaikan dapat tergolong dalam definisi kufur pada perintah Allah Swt.

Tidak ada satu alasan pun yang bisa menggugurkan kewajiban shalat, hingga usia benar-benar dicukupkan untuk pulang menghadap Allah. Sebab shalat adalah kunci agama, pedoman bagi kehidupan seorang manusia. Dengan shalat yang benar, akan berdampak pada perilaku keseharian. Dengan shalat yang khusyu’, akan mengalir jauh ke dalam hati yang tergambar pada mulianya akhlak dan indahnya pembawaan.

Meski hukum asalnya adalah wajib, tetapi dengan ke-Maha Pemurahnya Allah memberikan kelapangan pada agama ini. Allah dengan Kebesaran-Nya memberikan kemudahan-kemudahan bagi hamba dalam menjalankan perintah-perintah agama. Ada sekian banyak keringanan, meski banyak pula manusia yang masih merasa keberatan. Ada berlipat kemudahan, meski berkali lipat manusia yang masih merasa kesulitan.

Ada pula sebagian manusia yang memudah-mudahkan. Mengambil yang paling mudah, meski terkadang keluar dari ketentuan. Meninggalkan yang dirasa sulit, padahal di dalamnya terkandung banyak kesempatan mengumpulkan bekal. Kesadaran manusia untuk mengabdi dengan kemampuan terbaik masih dalam terperosok.

Jauh tertinggal dari kesadaran manusia akan pentingnya kehidupan dunia. Tidak malukah kita telah diberi kesempatan sekian puluh tahun, tapi ibadah masih begini-begini saja? Tidak ada peningkatan bahkan cenderung mengalami kemunduran?

Betapa Maha Bijaksananya Allah, meski menyembah-Nya adalah wajib yang tidak bisa ditawar lagi, tetapi Allah masih membukakan pintu-pintu keringanan. Dia membolehkan pada setiap hamba untuk tidak shalat. Allah mencabut kewajiban menjalankan shalat pada orang-orang yang sedang berada pada beberapa kondisi. Ialah tidur hingga terbangun, anak kecil hingga sampai dewasanya dan gila hingga tiba sadarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here