Shalat Tarawih 8 Jam di Magetan, Berani Coba?

200
Shalat berjamaah (Foto: Istimewa)

Magetan, Muslim Obsession – Kalau sebelumnya sempat viral shalat Tarawih ‘ngebut’, di Indonesia juga ada shalat Tarawih terlama, 8 jam!

Tarawih itu digelar di Masjid Darussalam Ponpes Al-Fatah, Desa Temboro, Kecamatan Karas, Kabupaten Magetan berlangsung 8 jam karena mengkhatamkan 30 juz Al-quran. Tarawih dimulai bada Isya hingga waktu sahur.

Menurut imam tarawih Masjid Darussalam, Ma’aruf (18), tarawih di Ponpes Al-Fatah sama pada umumnya, dimana jumlah rakaat shalat malam di bulan Ramadhan itu adalah 23 rakaat yang terdiri dari 20 rakaat shalat Tarawih dan 3 rakaat shalat Witir.

“Ini tadi mulainya pukul 19.00 WIB usai shalat isya dan akan berakhir nanti pukul 03.00 WIB, bersamaan orang makan sahur,” kata Ma’ruf seperti dilansir Go Muslim, Rabu (15/5/2019).

Ia menjelaskan, dari rakaat pertama hingga ke-20, imam akan membacakan 30 juz Al-Quran. Setiap rakaat imam akan membaca 1-1 5 juz dalam waktu sekitar 24 menit. Pembacaan ayat suci seterusnya dilakukan secara urut hingga juz ke-30 di akhir rakaat ke-20.

Menurutnya, shalat Tarawih 8 jam tersebut juga menggunakan sistem 2 rakaat satu salam.

“Jadi bacaannya mulai rakaat pertama itu misal 1 juz, 5 juz disambung ke rakaat dua meneruskan bacaan rakaat pertama seterusnya sampai rakaat terakhir. Setiap dua rakaat (salat) salam,” jelasnya.

Dalam pelaksanaannya, ada 6 imam yang akan bergantian memimpin shalat Tarawih 8 jam. Setiap imam kebagian membacakan 5 juz Al-Quran. Kemudian setiap pergantian imam, para jamaah memiliki waktu istirahat sekitar 15 menit untuk makan dan minum.

“Biasanya dari enam imam itu bergilir pembacaan lima juz. Setiap pergantian itu ada waktu istirahat 15 menit untuk sekadar minum makan takjil,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here