Shalahuddin Al-Ayyubi Sang Legenda

4366
Shalahuddinn Al-Ayubi (Foto: Istimewa)

Muslim Obsession – Raja agung itu, pada saat meninggal, ia hanya meninggalkan harta sebesar 40 keping perak dan satu koin emas. Sisa hartanya sudah habis dibagikan kepada fakir miskin dan orang-orang yang membutuhkan.

Setelah menaklukan Yerusalem, tentara Salib tidak menyerah begitu saja. Tantangan selanjutnya bagi Shalahuddin, adalah mengembalikan kedamaian di kota itu, yang sebelumnya sudah renggang akibat pengelolaan yang salah dari pemerintahan tentara Salib sebelumnya.

Berbeda sekali dengan tentara Salib yang ketika memasuki Yerusalem justru membantai kaum Muslimin dan Yahudi, Shalahuddin, justru memasuki wilayah itu dengan damai. Sebaliknya, tentara Salib yang tersisa disana, karena didorong oleh rasa takut, justru mengancam akan menghancurkan Dome of the Rock, kecuali umat Islam menjamin keselamatan mereka.

Atas tindakan ini, Shalahuddin akhirnya bersedia menyetujui tuntutan mereka. Bahkan ia menebus nyawa para penduduk Yerusalem dan tentara Salib. Sekitar 18.000 sandera dibebaskan, dan sisanya sekitar 14.000 orang, 1000 diantaranya diminta oleh saudara Shalahuddin dengan alasan untuk dijadikan sebagai propertinya, dan ini diperkenankan oleh Shalahuddin.

Setelah 1000 orang tersebut di miliki oleh saudaranya, kemudian ia membebaskan semuanya. Sebuah sikap yang tidak pernah ditunjukkan oleh tentara Salib pada sat pertama kali mereka menaklukkan Yerusalem pada 1099 M.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here